TENTANG SI CHIMER

Monday, August 1, 2016

GERUNDELAN TENTANG BUKABUKU DOT COM


Sebenarnya sebelumnya saya hampir nggak pernah belanja online buku sebelumnya. Karena saya sebelumnya tinggal di kota yang penuh dengan toko buku dan banjir diskon. Tapi setelah saya pindah di kota tanpa Togamas dan Gramedia, saya jadi ketergantungan dengan toko buku online.

Dari sekian tokbuk online yang saya jajal, saya pesan paling banyak di Bukabuku dot com. Dalam sebulan saya menghabiskan 1 juta sekian hanya untuk belanja di Bukabuku saja. Yang artinya saya percaya dengan toko buku ini setelah pemesanan pertama. Hanya saja kepercayaan saya terhadap Bukabuku dot com tidak lebih dari sebulan. Berikut capture sejarah transaksi saya:


klik untuk memperbesar

Kemudian pada pemesanan terakhir terdapat masalah. Setelah transfer tanggal 1 juli, buku baru dikirim sebagian pada 16 Juli (2 minggu lebih). Karena saya orangnya sebenarnya selow, saya santai saja. Yang penting buku sampai sesuai dengan pesanan, saya nggak masalah kalau terlalu lama. Toh, stok buku baru saya juga masih banyak yang belum terbaca.

Tak lama ada email pemberitahuan buku masih dalam masa tunggu. Ada pilihan untuk mengubah buku. Saya iseng-iseng mencobanya, ternyata dikenakan biaya ongkir tambahan sebesar 54 ribu. Jelas merugikan bagi saya.

Saya langsung menghubungi CS via email dan meminta pesanan kembali ke awal. Agar tidak dikenakan biaya tambahan. Tapi CS-nya mungkin kepalanya minta dijedutin ke tembok apa gimana ya, jawabannya bikin emosi ala jakasembung naik ojek, ga nyambung jek. Ini saya sudah agak emosi karena saya bilang saya batal ganti buku tapi CS-nya terus menceracau soal buku Harper Lee yang sebenarnya bukan pesanan saya.


klik untuk memperbesar

Kemudian tiba-tiba dari 4 buku pesanan hanya dikirimkan 2 saja. Saya langsung protes. Mereka bilang bukunya tidak ada. Padahal tidak ada pemberitahuan apapun sebelumnya. Buku dibatalkan secara sepihak tanpa persetujuan dari saya. Singkat kata saya minta REFUND.

Sebenarnya mudah menghitung refund karena hanya tinggal menambahkan harga buku yang tidak dikirimkan ditambah deposit saldo saya yang masih tersisa di Bukabuku. Sejumlah 85ribu. Tapi oh ternyata, CS Bukabuku dengan perhitungannya yang gaje bilang bahwa akan direfund sejumlah 36ribu saja. Saya kesel pemirsa… wekawekaweka… rasanya mau nggak dibalikin juga saya nggak peduli. Saya lelah dengan Bukabuku dan memutuskan untuk nggak akan lagi pesan di sana.

 
klik untuk memperbesar

Nah, barusan saya cek mutasi rekening ternyata ada transfer refund dari Bukabuku yes. Dan transferannya beda lagi, jadi 63ribu. Itu entah dari mana perhitungannya...

klik untuk memperbesar

Saya coba iseng browsing soal Bukabuku dan pelayanannya. Ternyata bukan cuma saya seorang yang mengalami pengalaman kurang mengenakkan ini. Jadi ya salah saya kurang teliti saja dalam memilih toko buku online terpercaya. Sebenarnya kejadian ini sangat disayangkan karena saya sempat berpikir akan terus pesan dari Bukabuku. Karena saya memang sangat butuh toko buku online selama saya tinggal di kota tanpa tokobuku ini. Semoga ke depannya pelayanan Bukabuku makin membaik yes~

Kalian ada rekomendasi toko buku online yang bagus nggak?


Salam,

Annesya

Follower