TENTANG SI CHIMER

Friday, September 27, 2013

SELAMAT TINGGAL KAMAR KOSKU

Saya adalah tipe orang yang sering terbayang-bayangi oleh kenangan. Saya adalah orang yang tidak akan melakukan sesuatu kecuali dengan dorongan yang kuat. Oleh karenanya, saya bisa lancar nulis #X. Eh, move on, woy!

Oleh karenanya, ketika saya memutuskan untuk pindah kos kali ini adalah didorong dengan kebutuhan kosan yang lebih dekat dengan kantor. Serta fasilitas kos yang kurang memadai. Air kamar mandi yang sering habis ketika saya pulang kantor.

Saya ingat ketika pertama kali pindah ke kos ini. Awal tahun 2012, semester tujuh, sedang mengerjakan skripsi. Selama ini saya selalu sekamar berdua demi hemat. Tapi kosan ini, harganya begitu murah untuk ukuran sekamar sendiri. I’m so excited that day. Saya sampai ga mau keluar dari kamar kos selama berhari-hari. Saya begitu nyaman sendirian di kamar.

Dulu, ketika sekamar berdua dengan teman lain, saya harus selalu menjaga diri. Ga boleh rame, selalu rapi, eh temen sekamarnya yang rame dan berantakan. Ngok. Dulu pas sekamar berdua, mau galau malu, mau nangis-nangis malu juga. Di kamar ini saya bisa galau sepuasnya dan nangis sepuasnya. Enak banget, buat nulis novel galau. Biarpun yah, sempit banget ini kamar…

Di kamar ini, skripsi saya beres. Dulu di kosan lama, banyak gangguan. Sama sekali ga bisa konsentrasi. Memang waktunya untuk sendiri menata hidup pokoknya di kos ini. Sebelumnya saya tinggal di kos bersama satu geng rame-rame. Terus di kos ini cuma tinggal berdua, saya dan Renny.

Tapi saya sangat menyayangi kamar ini. Sampai kemudian, teman saya, Renny meninggalkan saya karena kerja di luar kota dan sekarang balik lagi ke Surabaya. She said: Deva, the time is up. Sudah waktunya kamu ‘naik kelas’. Mau sampe kapan kamu di kos ini? Susah air dan segala fasilitas yang terbatas. Kamu kan udah dapat kerja. Pindah dong ke kos yang baru !


Saya kemudian ‘terbangun’. Now it’s time to say goodbye. Kamar ini akan tertinggal bersama kenangan masa lalu. Eaak, lebay. Yah, tahu, saya orangnya lebay sangat. Ngehehe…

Monday, September 23, 2013

TANG TARANG TANGTANG!!! PENGUMUMAN PEMENANG!!!

Hoi, saya habis ngelembur. Capek banget. Mana nyegat angkot, angkotnya ga lewat-lewat. Akhirnya naik taksi ß info mahapenting.

Baiklah, kita umumin yah pemenangnya!!!

Kedua juri ini, JIAH dan RENNY, keduanya memilih kandidat pemenang yang sangat bertolak belakang. Jiah lebih fokus ke tema giveaway, alasan ingin membaca #MayaMaia. Jiah memilih mereka yang benar-benar tampak ingin membaca Maya Maia. Sedangkan Renny lebih fokus pada peserta yang loyalitasnya sudah teruji. Renny memilih mereka yang sudah lama mengikuti Heartchime.

Membaca alasan keduanya yang sama-sama logis, saya jadi galau. Kalau saya disuruh milih, saya bakal milih mereka yang ngatain saya seksi mandraguna. Tapi ya, dari awal giveaway saya sudah menetapkan bahwa yang memilih adalah dua asisten kepercayaan saya ini. Ea, gaya amat pake asisten segala…

Jadi saya kirimkan email Renny ke Jiah dan email Jiah saya kirimkan ke Renny. Setelah saling membaca email masing-masing, hati kedua juri terbuka. Jiah memilih salah satu pilihan dari Renny dan Renny memilih salah satu pilihan Jiah. Uwuwuw mereka unyu sekali #jitakSatu2

Jeng jeng yang menang giveaway adalah…

1. SUCI MINE
Email dari Renny: Membutuhkan waktu lama untuk membaca review singkat rekan-rekan yang ikutan giveaway #MayaMaia. Saya ucapkan terimakasih karena banyak sekali review yang harus saya baca dalam waktu semalam. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk memilih SUCI MINE (http://sumanista.blogspot.com/2013/09/pengen-baca-maya-maia-mamaa.html) sebagai orang yang beruntung mendapat #MayaMaia gratis dari penulis. Suci Mine, ia mengungkapkan klo ia larut dalam tulisan online #X milik D Annesya. Ide cerita yang dapat membuat pembacanya #gagalmoveON  itu bagian yang paling kusukai. Dan oleh karena itu, alasannya cukup ga umum banget untuk pengen baca #MayaMaia. Intinya, saya suka dengan review yang mengungkapkan alasan2 yang ga umum.

Sms dari Jiah: Mbak Nesya dan Mbak Renny, perlu dicatet. Aku pilih Suci bukan kerena glindingin galon ya, tapi lebih ngegarisbawahi tentang rasa yang membekas. Dia hobi barang seken kali ya? Hewhew.

2. LIANY HENDRAWATi
Email dari Jiah:
Ini dia hasil pengamatanku terhadap para peserta GA Maya Maia. Yang kusukai dari http://liannyhendrawati.blogspot.com/2013/09/ikutan-ga-maya-maia-dung-tak-dung-tak.html.
Alasan dia mau baca novel Maya Maia : Satu kebetulan yang akhirnya diikuti oleh serangkaian kebetulan lainnya. penasaran dengan cerita tentang Maya dan Maia yang hidupnya tak sengaja tertukar. Pasti heboh.
Aku pengen bernostalgia dengan membaca buku ini, masih kebayang sih dalam benakku ortu melarangku ambil kuliah di Malang. Suamiku dulu juga dilarang ortunya kuliah di Jakarta. Akhirnya aku dan dia dipertemukan dalam bangku kuliah yang sama di kota Surabaya, sampai akhirnya menikah. Kebetulan atau garis takdirkah ini?
Aku lebih senang jenis buku seperti ini, karena bisa membuatku awet muda. pengen banget dapet buku yang ada tanda tangan penulisnya ditambah pula cap bibirnyaaa itu lho. Seumur-umur aku belum pernah lho dapet yang begituan.

Sms dari Renny: Aku suka Lianny ß maafkan teman saya satu ini, cara bicaranya memang nyebelin. Masa disuruh komentar, isinya gitu doang.

Suci dan Liany, kirim alamat lengkap dan no hp di kolom komentar yah. Ga aku publish kok… :D

Yasud, saya ucapkan terima kasih banyak bagi semua peserta giveaway #MayaMaia! Mari terus berteman yah! Oh ya, doakan supaya saya terus berkarya. Harapan saya, untuk novel ketiga nanti, saya juga bakal ngadain giveaway seru-seruan kaya gini lagi. Selamat berkarya semuanya~~

Buat dua juri, kalian adalah juri yang baik. Terima kasih masih sempat bantuin walaupun kalian pada (sok) sibuk semua. Cium yah cium! Mumumu…

Salam cinta,

Friday, September 20, 2013

GIVEAWAY #MAYAMAIA RESMI DITUTUP!!!

1. Sari Widiarti: http://t.co/8is3Tq7Mbx
2. Hapsari dw: http://t.co/zXnprES92r
3. Ocky fajar Suryani: http://t.co/5RLcfXqyH5
4. Ulayya Nasution: http://t.co/AIEUyReWXn
5. Dian S. Putu: http://t.co/7jiMMEkktm
6. Ning: http://t.co/sR1WRcLddL
7. Happy: http://t.co/fChZ5QZzfY
8. Arif Chasan: http://t.co/ynjQyVaqxr
9. Uzay: http://t.co/p9UzcPr315
10. Aul rahma: http://t.co/uC3aDHgEpR
11. Chopya: http://t.co/Y8FhXBPiuv
12. Dyah Muawiyah: http://t.co/M8SJcsG47O
13. Immanuel Lubis: http://t.co/2CiAcFaQjp
14. Mury Craft: http://t.co/kX7GnZC7FV
15. Nunzai: http://t.co/mfMlMAHqGK
16. Intan Novriza: http://t.co/7H5XeMWarb
17. Uni Dzalika: http://t.co/JwQ7OdtD9P
18. ShintaDinta: http://t.co/Qup8BEE4Hm
19. Rita Setiani: http://t.co/1HQnQiQydQ
20. Ulfa Zulia: http://t.co/O3uBSoTldr 
21. Caliente: http://t.co/NBDJBPqKZ1
22. Difain Riu: http://t.co/IkZuq6jRkn
23. Lhina: http://t.co/CC6HuwzT8H
24. Natania: http://t.co/c9F5VBM7ob
25. Dhini YN: http://t.co/CSuAhVhiBP
26. Lina Puri H: http://t.co/C3DuMOpJVk
27. Novitasari: http://t.co/udmB9G6lF5
28. Vania: http://t.co/oQrk1pUcwR
29. DianMay: http://t.co/wGFOo70rpx
30. Suci: http://t.co/a8dq0l44Ug
31. ilaulia: http://t.co/BkeEC67UQw
32. Lianny Hendrawati: http://t.co/wTmhqAj63n
33. Ayie Kasturi: http://t.co/0cV1HDTi1F
34. Cha Bintang: http://t.co/11nQ9I5zAm
35. Dian Ariska: http://t.co/LOGqaUBpsF
36. Ayuni Adesti: http://t.co/ER5BLx0tIl
37. Vera Astanti: http://t.co/xxryS5Xy4z
38. Reni J: http://t.co/PBG7N0Z8lb
39. Meliarawr: http://t.co/LhkadeVQXW

Apaan itu di atas banyak bener yang ikutan. Ga nyangka. Harapan saya sih itu daftar orang yang ngutang ke saya, tapi sayang itu adalah kesemua peserta giveaway #MayaMaia. Makasih banyak atas partisipasinya yah, atas waktunya. Kalian hebat!!! :D

Btw, sebenarnya, yang menentukan siapa pemenang dari giveaway ini, adalah murni penilaian para Juri lho. Jadi yah, dua juri itu yang akan menilai siapa yang paling berkesan. Nanti mereka akan posting pilihan mereka dan memberikan alasanya.

Karena itu dua juri nantinya akan membuka rapat besar untuk menentukannya. Sepertinya senin akan diumumkan siapa pemenangnya. Yang pasti akan diumumkan di blog :D

Salam sayang buat kalian,

Thursday, September 19, 2013

GIVEAWAY DIBUKA!!! Dung tak dung tak jes!

Hello, ya udah lah yah, kalau udah kumpul dicucus aja GIVEAWAY-nya. Syaratnya gampang banget, cuma kudu punya akun twitter dan blog. Punya twitter kan ya, kalo ga punya, bikin gih, cuma 5 menit doang jadi. Ga usah banyak alasan! #ceplesSatu2 :D

Kalian cuma harus posting  di blog alasan kalian kenapa kamu "PENGEN BACA MAYA-MAIA". Linknya kalian mention-kan ke twitter saya (@D_Annesya), twitter 2 juri (@jiahjava dan @jurnalphobia), serta twitternya penerbit (@_Plotpoint). Hashtagnya #MayaMaia. Gitu doang... gampang bangeeeettttt.

Hadiahnya dua novel MAYA MAIA beserta tanda tangan dan tanda bibir dari saya!

foto kiriman dari temen, Pak Wo
#MayaMaia di Gramedia Pondok Indah Mall, Bandung

Di tunggu sampai tanggal 20 September ini!
Dicucuuusss....

Tuesday, September 17, 2013

DUA HARI LAGI SAMPAI GIVEAWAY DITUTUP!!!!

Saya tahu, alasan sibuk di dunia nyata sampe ga bisa ngurusin giveaway itu alay. Kesannya sok sibuk. Yah tahu lah yah, tapi apa mau dikata. Teman saya ini Jiah bahkan lebih rajin promosi daripada saya. Malah seakan ini adalah acara giveaway-nya dia, apa jangan-jangan #MayaMaia itu juga sebenarnya novel dia? #bisaJadiBisaJadi

Intinya terima kasih buat Jiah, sudah ngurusin giveaway ini. Soalnya saya cuma bisa baca postingan peserta melalui BB di senggang-senggang office hour. Huhuhu...

Ini dia list update peserta sampai 18 September!

1. Sari Widiarti: http://t.co/8is3Tq7Mbx
2. Hapsari dw: http://t.co/zXnprES92r
3. Ocky fajar Suryani: http://t.co/5RLcfXqyH5
4. Ulayya Nasution: http://t.co/AIEUyReWXn
5. Dian S. Putu: http://t.co/7jiMMEkktm
6. Ning: http://t.co/sR1WRcLddL
7. Happy: http://t.co/fChZ5QZzfY
8. Arif Chasan: http://t.co/ynjQyVaqxr
9. Uzay: http://t.co/p9UzcPr315
10. Aul rahma: http://t.co/uC3aDHgEpR
11. Chopya: http://t.co/Y8FhXBPiuv
12. Dyah Muawiyah: http://t.co/M8SJcsG47O
13. Immanuel Lubis: http://t.co/2CiAcFaQjp
14. Mury Craft: http://t.co/kX7GnZC7FV
15. Nunzai: http://t.co/mfMlMAHqGK
16. Intan Novriza: http://t.co/7H5XeMWarb
17. Uni Dzalika: http://t.co/JwQ7OdtD9P
18. ShintaDinta: http://t.co/Qup8BEE4Hm
19. Rita Setiani: http://t.co/1HQnQiQydQ
20. Ulfa Zulia: http://t.co/O3uBSoTldr (betewe, dia pemenang giveaway novel pertamaku dulu hahaha)
21. Caliente: http://t.co/NBDJBPqKZ1
22. Difain Riu: http://t.co/IkZuq6jRkn
23. Lhina: http://t.co/CC6HuwzT8H
24. Natania: http://t.co/c9F5VBM7ob
25. Dhini YN: http://t.co/CSuAhVhiBP
26. Lina Puri H: http://t.co/C3DuMOpJVk
27. Novitasari: http://t.co/udmB9G6lF5
28. Vania: http://t.co/oQrk1pUcwR

HOI, DUA HARI LAGI DEADLINE!!! Buruan ramaikan!!! :D

Monday, September 16, 2013

NOVEL DULU vs NOVEL SEKARANG

Saya baru saja menemukan buku RL Stine lama di sebuah toko buku keren dan buku itu diobral dengan harga sangat menarik. Saya membeli enam dan membacanya saat ini. Tiba-tiba saya merindukan masa lalu.

om R.L. Stine

Saya dan teman kos ngobrol masalah itu dan menemukan beberapa kesimpulan. Dulu, buku-buku ditulis dengan kata-kata yang lugas dan jelas. Dulu buku-buku lebih mengutamakan plot ketimbang deskripsi tempat yang (bagi saya) membosankan. Dulu ending dari buku-buku itu tidak mudah ditebak.

Sekarang novel-novel penuh kata-kata puitis yang seringnya terkesan menye-menye (kebanyakan yah, catat, ga semuanya). Masalah kecil dibesar-besarkan. Kaya jadi orang paling menderita sedunia. Menjual kegalauan mahagapenting di mana-mana. Sekarang lebih mengutamakan hal-hal galau dan deskripsi tempat seting luar negeri. Saya sih, kalau deskripsinya kebanyakan malah ngantuk. Sekarang, ending-ending buku, dari judulnya aja udah bisa ketebak.


Namanya lagi trend. Semua akan datang dan berlalu. Mari menulis hal-hal yang kita sukai saja. Walau tidak trend tidak apa-apa. Mungkin tulisan kita suatu saat jadi trend.

Oh ya, ada OBRAL BUKU MURAH DI SINI!!!!

Main-main :D

Saturday, September 14, 2013

BEBERES = OBRAL BUKU MURAH!!!

Kamar kos saya yang sempit sudah tak lagi mampu menampung barang-barang. Setelah ditelusuri, yang paling banyak menyita tempat adalah buku. Buku kuliah dan buku populer. Yak, saya obral buku populer aja. Yang berminat, komen di bawah yah, terus kita emailan! :D

kisah tentang perempuan-perempuan yang mengalami kekerasan fisik dari berbagai belahan dunia. bestseller. 379halaman. 23ribu. SOLD

ini kisah inspiratif bahwa cacat fisik tidak membatasi impianmu dalam mencapai kesuksesan dan kebagiaan. uwow. 221halaman. 20ribu.

tararang. ga usah banyak penjelasan. ini chicken soup yang terkenal itu. 324halaman. 23ribu deh. SOLD

dongeng klasik terkenal tentang seorang anak yang berusaha menyelamatkan ayahnya dalam kerutan waktu. kayaknya buku ini cukup populer. 267halaman. 19ribu.

Ellie yang ingin menguruskan badan. ia harus menemui kenyataan bahwa menjadi kurus bukan segalanya. 271halaman. 18ribu. SOLD

kisah cinta Cinta lestari dan sahabatnya Elang yang dibumbuhi dengan kebencian. 216halaman.18ribu. SOLD

buku pedoman inspirasi para pengagung cinta. uwuwuw.171halaman. 3ribu. SOLD

kisah-kisah inspiratif para penerima beasiswa ke luar negeri. di sini mereka berbagi cerita giman perjuangan mereka mendapatkan beasiswa itu. 353halaman. 20ribu.

cerita tentang laki-laki yang berkomitmen hidup dengan sekali pakai. piring sterofoam. handuk sekali pakai. celana dalam kertas. 173halaman. 13ribu.

ini seri Cinderella Paris sebelum kemudian menang juara 1 lomba romance novel yang diadakan grasindo itu. 209halaman. 18ribu. SOLD

ini tentang seri petualangan Baudelaire bersaudara. semacam seri dongeng the grim namun kontemporer. ada ilustrasi di dalamnya. 306 halaman. 10ribu.

buku inspirasional yang mengulik pencarian kebahagiaan dengan cara memberi kebahagiaan pada orang lain. buku ini saya cocok dibaca pas setres-setresnya. Ciyus. 258 halaman. 18ribu. SOLD

karena separuh aku... dirimu... eeaa ini kisah perjuangan Ariel dkk bangkit dan jatuh bangun dalam menembus belantika musik. serta kisah-kisah pribadi lainnya yang tak diketahui. saya... karena buku ini, jatuh cinta pada kerja keras mereka. 223halaman. 20ribu.

antologi berisi 51 kisah paling gila sepanjang sejarah. kisah nyata. buku penghilang stres. eh apa menambah stres yah? lay outnya lucu. 356 halaman. 15ribu. SOLD

ini memoar seorang immaculee yang bertahan dari pemusnahan etnis di Rwanda. kisah nyata. menyentuh. kisah nyata. 277halaman. 18ribu. SOLD

Kumpulan cerpen teenlit penulis terkenal Primadona Angela. 144halaman. 5ribu. SOLD

cerita tentang sepasang sepatu prada yang mampu membawa Callie ke tahun 1885! yang bikin seru tuh setting waktunya. 307 halaman. 19ribu. SOLD
buku antologi ini mengupas berbagai praktik perdukunan di indonesia. keren deh informasinya, saya dapat banyak masukan dari sini. kisah nyata. 203halaman. 15ribu. SOLD


*harga belum termasuk ongkir. untuk pembelian di atas 70ribu, bebas ongkir deh.

Friday, September 13, 2013

SEMINGGU GIVEAWAY #MAYAMAIA!!!!

Sudah jalan seminggu...!!! Masih aja ada nih yang galau mau nulis alasan "kenapa pengen baca Maya Maia"? Kamu ga asik. Ini yang ikutan udah banyak dan seru-seru loh alasannya :D

Update hingga hari ini:
1. Sari Widiarti: http://t.co/8is3Tq7Mbx
2. Hapsari dw: http://t.co/zXnprES92r
3. Ocky fajar Suryani: http://t.co/5RLcfXqyH5
4. Ulayya Nasution: http://t.co/AIEUyReWXn
5. Dian S. Putu: http://t.co/7jiMMEkktm
6. Ning: http://t.co/sR1WRcLddL
7. Happy: http://t.co/fChZ5QZzfY
8. Arif Chasan: http://t.co/ynjQyVaqxr
9. Uzay: http://t.co/p9UzcPr315
10. Aul rahma: http://t.co/uC3aDHgEpR
11. Chopya: http://t.co/Y8FhXBPiuv
12. Dyah Muawiyah: http://t.co/M8SJcsG47O
13. Immanuel Lubis: http://t.co/2CiAcFaQjp
14. Mury Craft: http://t.co/kX7GnZC7FV
15. Nunzai: http://t.co/mfMlMAHqGK
16. Intan Novriza: http://t.co/7H5XeMWarb


Embedded image permalink
Foto kiriman Arif Chasan. Dia udah beli buku #MayaMaia lewat Mizan online. Eh, dia ikutan giveaway lagi, katanya mau dpt novel bertanda tangan. Ampun deh so sweet-nya, hahaha...

Ga usah mikir susah-susah buat nulis alasannya, ini kan ajang buat seru-seruan. Sekalian nambah kenalan.

Let's play! :D

Wednesday, September 11, 2013

UPDATE PESERTA GIVEAWAY MAYA MAIA

Sudah empat hari sejak giveaway dibuka. Dan inilah dia yang sudah ikutan!!!!

1. Sari Widiarti: http://t.co/8is3Tq7Mbx
2. Hapsari dw: http://t.co/zXnprES92r
3. Ocky fajar Suryani: http://t.co/5RLcfXqyH5
4. Ning: http://t.co/sR1WRcLddL
5. Happy: http://t.co/fChZ5QZzfY

Yang lainnya ayo cepet nyusul! Deadline masih sekitar 1 minggu lagi. Jangan sampai ide "alasan pingin baca Maya Maia-mu" keduluan sama peserta lain :D

Salam peluk,

Saturday, September 7, 2013

GIVEAWAY #MAYAMAIA !!!!!!

Hari ini buku bukti cetak novel kedua saya, Maya Maia, sudah datang. Saya dulu pernah janji bakal ngadain giveaway kalau novel kedua terbit. Biarpun pas ngomong gitu, aslinya ga yakin kapan bakal bisa melahirkan buku lagi. Ngiiikkk ngoookkk
pamerin dulu (~^.^)~ <3

Jadi, siapa yang setuju dan mau ikutan giveaway ini??? Ngacuuungggg!!! Absen dulu!!! :D

Friday, September 6, 2013

MENJADI MINORITAS

our secret, by cannery row awesome
from VisualizeUs

Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritasnya adalah moslim. Bagi yang non-muslim mereka harus “mengalah” atas nama tenggang rasa. Bahkan dalam hukum kenegaraan pun ada yang menggunakan dalil Islam. Padahal kita kan negara sekuler dan ga semuanya juga muslim.

Kadang kita juga ga sadar pas ngobrol sama teman yang sama-sama muslim. Kita kadang cuma niat bercanda membicarakan agama lain, tapi itu sudah termasuk SARA dan menyinggung teman non muslim–yang kebetulan dengar. Teman non muslim itu biasanya hanya diam dan perlahan berlalu.

Saat ini, di kantor saya, saya lah yang menjadi kaum minoritas. Saya adalah satu-satunya marketing yang beragama Islam. Ketika jam-jam sholat, saya menghentikan aktivitas saya, dan mengambil wudhu. Mereka menatap saya aneh, ngapain ini anak basah-basahan?, begitu mereka berpikir.

Lalu pas aktivitas kerja, saya bilang: eh, sori ya, ga bisa kesenggol, lagi pegang wudhu. Saya biasanya mempertahankan wudhu dhuhur sampai dengan shalat ashar demi efektifitas. Mereka menatap saya aneh. Sejak awal pun saya diberitahu ada masalah sara dalam perusahaan. Meski mereka berusaha sebisa mungkin menyelesaikannya.

Ya, sebagai kaum minoritas, saya mengalami apa yang dialami teman non-muslim saya. Rekan-rekan kantor, tanpa sengaja/bisa saja sengaja, menyinggung agama saya, saya hanya diam, dan berlalu pergi. Tak perlu beradu pendapat sementara setiap harinya kami bakal selalu bertemu. Saya biasanya pura-pura tidak dengar.


Ini hanyalah salah satu potret realita “menjadi minoritas”. 

Wednesday, September 4, 2013

MUKA DUA


Di mana-mana kita akan selalu menemukan orang bermuka dua. Entah itu di sekolah, di tempat kuliah, sampai dengan di tempat kerja. Saya tidak suka tipe orang seperti itu. Saya suka berteman dengan orang yang jujur menyampaikan perasaannya. Tapi namanya hidup, kita akan selalu menemukan perbedaan.

Di tempat kerja saya yang baru pun demikian. Bagi saya orang bermuka dua tak lebih dari rekan kerja. Saya hanya bicara dengan mereka seperlunya. Jika mereka “menyerang saya” saya bakal “menyerang balik”. Saya adalah tipikal orang seperti itu. Saya adalah tipe pembalas. Orang benar tidak boleh kalah.

Ketimbang berteman dengan yang seperti itu, saya memilih berteman dengan cs dan operation. Memang secara grade pekerjaan, mereka berada di bawah saya. Tapi bagi saya itu bukan masalah. Sama sekali. Bagi saya pertemanan tidak berdasarkan hal-hal semacam itu. Suatu ketika, saya bercanda dengan Mbak M, CS di kantor. Saya sering kemana-mana sama Mbak M, saya melepaskan diri dari “gerombolan teman se-level”. Mungkin beberapa orang membicarakan tingkah saya? Entah.

“Kamu nggak malu dilihat orang ngobrol sama aku? Jalan sama aku kaya gini ini?”
“Emang kenapa?” aku mengait lengannya.
 “Kita berbeda dunia…,“ dia berkata, sok puitis.
“Halah, Mbak, pret!!!” aku menyeloroh.
Mbak M pun tertawa dan berkata, “Ya wes, semoga kamu nggak berubah yah! Yang lalu-lalu soalnya seperti itu.“

Bagi saya, kata-kata Mbak M adalah pengingat. Tidak penting seberapa banyak yang tertawa ketika kita berada di atas. Yang penting adalah seberapa besar kepedulian yang mereka berikan ketika kita di bawah. Saya tidak butuh teman yang bermuka dua. Bagi saya mereka hanya orang yang tak sengaja berpapasan tanpa perlu tersentuh satu sama lain.

Tuesday, September 3, 2013

FIRST REVIEW EVER OF "MAYA MAIA: Percayah kamu dengan kebetulan?"

Helo, Chimers! Dan sekarang sudah ada pengumuman official dari Mizan kalau MAYA MAIA are now available on the bookstore! Yang penasaran sama ceritanya, berikut ada review pertama dari Maya Maia, yang bikin sahabat saya, Renny. Thank you!


Saya seseorang yang jarang sekali membeli novel karya dalam negeri apalagi yang teenlit. Saya akui saya agak skeptis ma teenlit - maafkan saya yg sepertinini. Makanya saya sering membeli buku hasil transliterasi dari luar negeri seperti Julia Quinn dan Nora Roberts - dua novelis kesukaanku.

Namun, sahabat saya penulis yg baru mengeluarkan bukunya, teenlit, berjudul Ubur Ubur Kabur. Sebagai apresiasi kepada sahabat saya ditambah saya ga pernah suka menerima buku gratis, maka saya membeli novel dia yang pertama itu. Alhasil, saya ketawa ngakak dan untuk pertama kalinya terhibur dengan cerita pendeknya. Sejak saat itu, saya diam diam mulai menggemari gaya penulisannya yg lugas dan sarat humor.

Hal yang paling saya sukai dr sebuah novel adalah saya memang orang yg ga suka ada orang lebai jahat dan lebai baik seperti di sinetron2 lebai di tv swasta Indonesia. Dan saya bersyukur, dapat menemukan hal itu dalam tulisan baik Ubur Ubur Kabur yg diterbitkan oleh penerbit Andi dan Maya Maia yg baru saja diterbitkan penerbit Plot Point. 

Sisi yg saya sukai dari penulis ialah, ia dapat mengkolaborasikan ide cerita dengan sangat baik -penulis dapat menyampaikan selera humornya yg bagus proper dan acceptable. Saya bahkan tidak menyangka dia akan menulis sebaik itu dalam novel Ubur Ubur Kaburnya yang ia akui ditulis pada saat ia masih SMA. 

Bagi anda yang belum membaca, saya sarankan membaca Ubur Ubur Kabur, itupun terserah Anda sih, atau Anda dapat langsug membaca novelnya Maya Maia. Ubur Ubur Kabur itu lucu banget, di akhir cerita anda pasti berharap agar ia menulis ubur ubur kabur 2, karena penulis berhasil membuat kita berharap ada cerita tambahan atau versi lanjutannya. 

Berlanjut ke karyanya yang kedua, Maya Maia, yang baru saja dirilis dua hari yang lalu. Saya langsung mendatangi toko buku Togamas di Surabaya. Karena saya penasaran dengan ide ceritanya, bagaimana sih cerita dalam novel keduanya ini. Saya pun mulai membacanya. 

Saya tipikal orang yang gampang bosan dan seringkali meletakkan buku segera setelah lembar pertama saya baca. Tetapi saya akui, saya terkejut beberapa saat kemudian saya sudah mencapai ⅓ buku. Amazing, menurut saya. Dan novel itu habis saya baca dalam semalam. 

Seperti yang saya duga, penulisnya mampu menyeimbangkan bobot cerita, karakter, dan klimaks dengan baik. Dan hal kedua yang saya sukai adalah beberapa kutipan, yg cocok untuk dijadikan beberapa lirik lagu - jika saya terlahir memiliki bakat penulis, hehehe. 

Anda mungkin akan mengalami pengalaman membaca seperti saya. Awalnya saya memang ga suka ma spoiled kid, Maya, tp di akhir cerita entah sejak kapan Maya menjadi karakter yg saya sukai. Gaya bicaranya. Yg ceplas ceplos, dan saya senang dengan reaksinya menghadapi masalah atau menyadari ada pertukaran identitas yg tidak disengaja antaranya dengan Maia. 

Tokoh kedua yg saya sukai adalah Jojo, sepertinya Maya berhutang pada Jojo. Tanpa Jojo, Maya akan jadi sangat membosankan. Dan saya berterimakasih, ada Maia dan Nathan. Mereka berkolaborasi memberi ide tentang pasangan yg manis dan agak klise. Novel ini memiliki ending yang tidak mengecewakan. Keluarga mereka juga menjadi dasar mengapa ending yang seperti itu layak diterima. Overall, saya suka dengan keunikan penulis. Ia bisa menyuguhkan cerita yg ga lebai, ga cemen, dengan karakter yg dewasa khas dan sedikit aneh. dan tidak ada karakter yg tidak berguna disini, semua punya relasi yg tidak saya duga. Pokoknya, ga ada spoiled karakter, semuanya menjalankan perannya dengan baik. selama membaca novel ini, saya dapat membayangkan adegan serie drama korea romantik komedi berputar2 di kepala saya. menyenangkan sekali.

salah satu kutipan favoritku halaman 211,
Bagaimana mungkin kamu pergi begitu saja setelah semua hal yang terjadi
kaulah yang terburuk - (saya sgt familiar dengan kalimat ini)

karena kamu datang serupa angin
mengisi yg hampa,
untuk kemudian pergi begitu saja,
seakan tidak terjadi apa2
(ini bagian paling hurt antara jojo dan maya) < seneng banget
seharusnya kubangun jeruji rapat pemecah nada,
beserta tembok tinggi penghalau kata,
agar kupastikan harapan kosong itu tak datang membujuk, 
membiarkan si bodoh membuka sebagian ruang di bagian dasa.
seharusnya si bodoh belajar berhenti berhadap,
selain dari apa yg ia dapatkan.
sebab si bodoh, tak pandai berhayal terlalu tinggi 

menurutku, keren. Saya berharap akan ada lebih banyak novel yg ia tulis ke depannya. Saya akan selalu menunggu novel2 berikutnya.


Penulis JurnalPhobia

Renny
Renniefb@gmail.com

Sunday, September 1, 2013

STOCK NOVEL #MayaMaia

Sepertinya novel MAYA MAIA ini masih belum rata distribusinya. Makanya penerbit juga belum officially mengumumkan bahwa MAYA MAIA sudah tersedia di toko buku. Kebetulan saja di Toko Buku Togamas Petra udah ada duluan. Entah kenapa bisa begitu #mangap.

Temen saya yang kerja di Sidoarjo tiba-tiba ngajakin jalan ke TP. Tahunya dia mau beli buku MAYA MAIA. Ugh co cweet. Tapi belum ada ternyata di TP Surabaya, di sistem sudah tertera tapi stock belum datang. Jadi kita cus deh ke Togamas Petra, beli bukunya di sana, sekalian tanda tangan.

Taunya... di sana malah ketemu temen kuliah dulu. Dia juga lagi nyariin novelku. Dia beli juga. Terharu deh mereka beli, padahal aku ga pernah nyuruh mereka beli. Terima kasih yah sudah menghargai karyaku dengan cara membeli. Kalian hebat! (~^.^)~

di depan Gramedia TP, kumat alay

Follower