TENTANG SI CHIMER

Wednesday, July 31, 2013

KILL BILL: BUNUH


Aku melakukan sesuatu yang buruk.
Jangan menatapku dengan mata terkejut.
Haruskah kuungkap semua di sini?
Coba tebak kenapa aku tidak menjawab telponmu semalam?
Jujur, tidak cukup hanya dengan ini,
Mengingat semua hal buruk yang telah kau lakukan padaku,
Sangat manis sekarang,
Ekspresi rasa malu-mu.

Siapa yang lebih brengsek, kau atau aku?
Bagus kau tertangkap olehku.
Ini tentangmu.
Siapa yang lebih bisa menyakiti, kau atau diriku?
Jangan hidup seperti itu.
Ini tentangmu.

Buang-buang waktu menontonmu hancur olehku.
Tidakkah kau ingin membunuhku?
Ini baru permulaan,
Jalan masih panjang di depan sana,
Kau perlu belajar sedikit lebih banyak,
Ini tentangmu.

“Kenapa kau melakukan ini padaku?"
Bukankah itu yang seharusnya kau katakan?
Haruskah aku mengungkapkan semuanya di sini,
orang-orang yang kau buat menangis?

Aku berbeda dari gadis-gadis cantik lainnya yang pernah kau sakiti.
Aku bahkan masih setengah jalan saat ini,
Menunggu penghakimanmu.

Satu dua tiga empat,
Datanglah padaku!
Cepatlah datang padaku sebelum aku menghitung sampai sepuluh.
Jangan dulu mengemis di hadapanku.
Apa, kau bahkan sudah hampir menangis?

Hei, aku akan membiarkanmu kabur sekarang.
Gunakan semua kekuatanmu dan larilah!
Hei, sudah berakhir sekarang.
Aku akan selamanya mengingatmu dalam keadaan menyedihkan,
(Aku selamanya kan mengingatnya).

Lari, larilah sampai kau kehabisan napas
Lihat dirimu, kamu merasa seperti hampir gila, kan?
Kau tampak jelek dengan ingus dan air mata.
Ingat, ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan caramu memperlakukan dan mempermalukanku
Jadi berhentilah menangis seperti anak kecil.

Mungkinkah ini akhir dari cerita, hanya seperti ini?
Jangan senang dulu.
Ini tentangmu.
Jangan lagi menunjukkan dirimu di depanku.
Ini tentangmu.
Sehingga aku tidak melihat dan mendengar tentangmu lagi,
Kalau perlu ganti namamu juga.
Tidakkah kau ingin membunuhku?
Dunia itu begitu kecil, tidak akan mudah.
Menyerah pada cinta.

Ini tentangmu.
(KILL BILL, Brown Eyed Girls, ditranslasikan dalam bahasa Indonesia oleh Annesya)



Di atas adalah lirik lagu terbaru Brown Eyed Girls yang comeback bulan Juli 2013. Menurut saya judul aslinya hanya KILL, hanya saja karena mengusung tema film action terkenal KILL BILL, mereka mencantumkan BILL walau dalam MV-nya tulisan BILL dicoret, bahkan tidak diceritakan sama sekali dalam MV dan lirik lagu. Cuma muncul di awal banget BILL tidur tengkurep, punggungnya dilukis sama Narsha, mana ga keliatan mukanya #ekh.

Seperti kebanyakan MV BEG yang mengusung tema mature-sexy, you'll find that in this MV. Hanya saja kali ini mereka juga mengusung tema komedi. Pada pembukaan MV mereka adegan action serius, endingnya geje. Hahaha, menghibur menurut saya. Di sini saya paling suka dandanannya Miryo, pengen ke kantor pake baju gitu. Yang paling sesuai tema KILL BILL dandanannya Narsha. Menurut kalian gimana? Siapa yang paling oke di MV ini?

Berikut lirik asli KILL BILL, BEG...

[G]
na-bbeun ji-seul juh-jil-luh-ssuh-yo
geu-ruh-keh nol-lan noon-eu-ro nal bo-ji-ma-yo
yuh-gi-suh da tuh-ruh no-eul-ga-yo
uh-jet-bam geu-deh jun-hwa wae ahn ba-dat-geh-yo
[J]
sa-shil boo-jok-heh ee-gul-lon
nee-ga neh-geh het-dun na-bbeun ji-sen, Oh
[N]
nuh-moo dal-kom-heh ji-geum, Oh
nuh-moo dam-hok-seu-run nuh-eh geu pyo-jung
*
noo-ga duh nee-ga neh-ga na-bbeul-gga
na-han-teh jal gul-lyuh-ssuh, nuh ma-ri-ya
noo-ga duh nee-ga neh-ga ah-peul-gga
geu-ruh-geh sal-ji ma-ra, nuh ma-ri-ya
hon-ja bo-gin nuh-moo ah-gga-oon ee-ri-ya
nuh-eh moo-nuh-jin mo-seup
Don’t you wanna kill me
ee-jeh shi-jak-ee-ya ah-jik mun gi-ri-ya
jo-geum duh beh-wuh-ya dweh
nuh ma-ri-ya
[G]
wae na-eh-geh ee-ruh-shi-na-yo
geu ma-ri geu-deh ee-beh oh-reul ma-rin-ga-yo
yuh-gi-suh da tuh-ruh bol-gga-yo
geu-deh-ga noo-goo noo-goo noo-gool ool-lyut-neun-ji
[M]
ji-geum-gga-ji nuh man-man-ha-geh
sang-deh-het-dun ul-gool ban-ban-han eh-wa-neun dal-la
na joon-bi-han ban-eh ban-eh-ban-do ahn han guh-ya
gi-deh-heh nee jeh-pan
[N]
ha-na dool set net ee-ri ohn
nee-ga yuh-reul seh-gi jun-eh uh-suh-ohn
[J]
neh-geh bil-ji ma
ah-jik-eun ah-nee bul-ssuh-boo-tuh ool gut-gga-ji-ya
*
noo-ga duh nee-ga neh-ga na-bbeul-gga
na-han-teh jal gul-lyuh-ssuh, nuh ma-ri-ya
noo-ga duh nee-ga neh-ga ah-peul-gga
geu-ruh-geh sal-ji ma-ra, nuh ma-ri-ya
hon-ja bo-gin nuh-moo ah-gga-oon ee-ri-ya
nuh-eh moo-nuh-jin mo-seup
Don’t you wanna kill me
ee-jeh si-jak-ee-ya ah-jik mun gi-ri-ya
jo-geum duh beh-wuh-ya dweh
nuh ma-ri-ya
[G]
Hey, ee-jeh-neun nwa-jool-geh
eet-neun him da-heh-suh mul-li ddwi-yuh-ga
[N]
Hey, yuh-gi-gga-ji-ya
bi-cham-han nee mo-seup young-won-hee gi-yuk-hal-geh
(young-won-hee gi-yuk-hal-gae)
[M]
ddwi-yeo da-ra-na soom-ee chal ddae-gga-ji
mo-deun gun da ha-na nee-ga han det-ga-ji
nuh jom bwa-ra bwa mi-chil gut-man gat-ji
noon-mool-eh koht-mool-eh ggol han bun sa-nap-ji
ee-guh-neun ah-ra-do
nee-ga neh-geh jot-dun mo-myul-gwa soo-chi-eh be-ha-myun
uh-rim ban-poon-uh-chi-do ah-nya
geu-ruh-ni-gga eh-chuh-rum ool-ji jom ma
*
ee-deh-ro ee-ya-gi-ga ggeu-chil-gga
ma-eum da noh-chi-neun ma, nuh ma-ri-ya
ddoh da-shi neh noon-eh nun ja-pil-gga
noon-ap-eh ddee-ji ma-ra, nuh ma-ri-ya
bo-ee-ji-doh ahn-gae deul-li-ji-doh ahn-geh
ee-reum-doh ba-ggwuh-buh-ryuh
Don’t you wanna kill me
jo-beun sae-sang-ee-ya ship-jin ahn-eul guh-ya
sa-rang-eun po-gi-ha-gil, nuh ma-ri-ya
  

SELEKSI ALAM

Bicara tentang dunia kerja yang begitu kejam. Saya hanya ingin memberitahu bahwa selagi kuliah, bersenang-senanglah. Dunia kerja itu kejam. Kecuali kalau orang tua anda punya koneksi luas, dijamin tidak akan sulit memasuki instansi-instansi pemerintahan, BUMN, dan instansi-instansi besar lainnya. Saya bukan tipe yang suka menghakimi. Kalau seseorang punya hidup lebih mudah dari saya, ya sudahlah, saya gak peduli. It doesn't change me neither you. Kalau tidak begitu, wirausaha itu baik. Jangan menyerah walau awalnya sulit. Di luar sana banyak yang ingin wirausaha tapi gak ada modal. 


Kerja ikut orang itu ga mudah. Namanya juga ikut orang. Mau ga mau orang yang kita ikuti selalu benar. Ketika tanda tangan di atas kontrak, itu berarti harga tenagamu, otakmu, dan juga harga dirimu, seharga nominal yang tertera dalam surat kontrak. Jangan kaget kalau kemudian dibentak-bentak sama atasan, diperlakukan tidak manusia. Bertahanlah, anggap itu seleksi alam, hanya jerapah yang berleher tinggi yang bertahan hidup. Kalau dalam prosesnya Anda diniliai tidak sesuai dengan sistem, ya, akan dikeluarkan begitu saja sama perusahaan. Atau dibuat sebisa mungkin tidak betah sampai kita kemudian mengajukan surat resign. Saya cuma bicara ya, no offense at all.

Saran saya, yang sudah dapat kerja enak. Jangan seenaknya aja ninggalin kerjaannya hanya karena ingin mendapatkan yang lebih baik. Ya, kerja itu kan semacam jodoh. Yang lebih ganteng belum tentu sesuai dengan kita, biar pun kita jadi lebih nafsu ngeliatinnya #apaanIni? Maaf ya saya sering ngelantur. Maklum.

Oh ya, after all the things I’ve been through, I just got a new job, mulai kerja setelah lebaran. Tolong doakan kerjaan saya kali ini adalah jodoh yang benar. Berkah dan menuai rejeki melimpah. Amin. Semoga saya bisa bertahan dalam seleksi alam selanjutnya. Saya harus bisa. Bismillah!

  
pict from weheartit
PR saya selanjutnya adalah belajar mengendarai mobil


Monday, July 29, 2013

MOON KISSED

sun-kissed supernova by *Grecian-Angel on deviantART
from weheartit


Kerlipmu adalah apa yang selalu ku nanti, kala petang menjelang, gelap menyerang. Sebab kau cahaya yang mengarang harapan dalam setetes embun malam. Mereka bilang kau halusinasi yang menjerumuskan manusia bodoh sepertiku dalam angan-angan. Dalam mimpi indah yang seluruh umat manusia rela tertidur karenanya. Menyerahkan segalanya. Memejamkan mata selamanya.

Jadi aku berdiri di sini, menengadah mencari keberadaanmu, dengan tangan menangkup di depan dada. Adakah kau melihatku di antara padang ilalang yang tingginya mencapai pundakku? Mungkinkah kau sudi menjejakkan kaki di tanah yang sama denganku? Melepaskan sayapmu dan memilihku, yang manusia bodoh ini?

Mereka bilang kau memberikan mimpi itu pada banyak manusia sekaligus. Harapan bahwa kau akan rela berjalan dengan kakimu dan membiarkan bulu-bulu sayapmu rontok dengan sendirinya. Menjadikanmu manusia biasa, bodoh, dan naïf, seperti kebanyakan. Kamu adalah kamu dengan segala kebodohanku dalam mencintaimu. Aku adalah aku dengan segala kenaifanku memimpikanmu.

“Apa kau mencintaiku?” kau bertanya padaku. Bulu-bulu di sayapmu menyentuh wajahku.

Aku terus memejamkan mata, terlalu takut kau pergi, jika aku meminta lebih. Kau menyentuh kelopak mataku yang tertutup dan mengulangi lagi pertanyaanmu. Aku dengar suara gemerisik tanah di hadapanku, apakah kau menjejakkan kakimu ke tanah? Apa kah kini kita berdiri di tanah yang sama?

“Jawab aku. Apa kau mencintaiku?“ suaramu tampak memaksa.

Aku yakin sudah begitu banyak kata cinta yang kau dengar. Puluhan mungkin ratusan. Orang yang berbondong-bondong mencintaimu lalu pulang dengan hati terluka. Berdarah dan hampir mati. Aku mungkin akan pulang dalam kondisi serupa, jadi aku membuka mulutku dan berkata, “Ya. Aku mencintaimu, walau tahu itu tidak mengubah apapun. Aku mencintaimu.”

“Apa kau ingin aku melepas sayapku?“

Aku ingin kita terus bersama. Tapi di lain sisi aku mencintaimu yang seperti itu. Aku mencintai sayapmu. Aku mencintai caramu menebar harapan lalu pergi.

“Tidak.“ jawabku sambil tersenyum. “Kau harus menjaga sayapmu baik-baik. Itu adalah hidupmu.“

Aku masih memejam erat, ketika aku merasakan sesuatu menekan bibirku. Lembut, hangat, dan basah. Ketika aku membuka mata, benderang sinar matahari menyerang. Kau sirna bersama terang.

Sunday, July 28, 2013

AKU MENANGISIMU

Aku menangisimu dalam malam yang sepi. Diam-diam dan tak seorang pun perlu tahu. Aku menangisimu dalam senyap yang lengkap. Isak yang tenggelam bersama lelap.

Kamu tidak perlu tahu apa yang kutangisi. Mungkin nanti atau esok hari kau akan mengerti. Ketika semuanya sudah terlambat dan lewat. Ketika semuanya sudah pergi dan mati.


Aku menangisimu dalam sepi, sampai dengan hari ini.

pict from weheartit

Friday, July 26, 2013

FLY... FLY...

Akhir-akhir ini saya sering bolak balik Jakarta, urusan ga penting juga. Saya biasanya ke Jakarta naik bus atau kereta. Alasannya simple, ngejar murah, biarpun badan remek-remek perjalanan 24 jam lebih. Itu pun biasanya sengaja ambil kereta api ekonomi AC. Yang kalau tidur punggungnya lurus banget kaya lagi dipasang pen.

Naik pesawat cuma beberapa kali. Itu pun biasanya tiketnya dibayari perusahaan, jadi ayuk lah dicucus saja. Kemarin saya ke Jakarta, again. Tiket PP Surabaya-Jakarta dan Jakarta-Surabaya dibayarin. Cucus aja kan, mana dikasih uang saku juga. Lumayan buat nambal uang taksi yang meledak. Gila aja naiknya 100persen. Biasanya cuma 50rb jadi 100rb. Saya yang hemat pangkal kaya ini, walaupun sering hemat ga kaya-kaya juga, jadi shock. Terus akhirnya balik bandara naik busway aja ke Blok M terus cus Damri Bandara Soetta.

Intinya bukan soal itu juga sih. Jadi saya di sini mau cerita. Beberapa teman saya ada yang belum berkesempatan naik pesawat. Mereka tanya rasanya naik pesawat gimana? Saya jawab rasanya kaya naik bus biasa, cuma bedanya di atas langit.

Temen: Kok gitu?

Saya: Lha tergantung pilotnya, kalau milotinnya bagus ya enak aja. Kalau ugal, ya kaya naik bus gitu, mual-mual ga jelas. Turbulensinya kenceng, Kalau mau mindahin ketinggian berasa kaya naik halilintar di Ancol.

Temen: rasanya nabrak awan gimana? Lembut?
Saya: Apaan? Rasanya nabrak awan itu serem. Kaya pesawat kita lagi dilemparin kerikil. Klotak klotak klotak… nabrak esnya awan. Ya kayak kalo naik bus di jalanan, kena kerikilnya.

Temen: #imajinasinyaNaikPesawatMusnahSeketika

Saya: Tapi baru kemarin aku ngerasain naik pesawat malam hari, gara-gara pesawatnya delay. Sumpah bagus banget pemandangan citylight Surabaya dari atas sana. Kaya kunang-kunang yang banyak banget dan besar-besar. Terang, mengalahi bintang (yang sekarang cahayanya burek kena polusi). Bagus bangeeettt!!!!

pict from weheartit
 Jadi kemarin saya rekor: Surabaya-Jakarta, Jakarta-Surabaya dalam waktu satu hari. Berasa kaya kosan-kampus, kampus-kosan, kata temen saya yang ngakak begitu saya ceritain soal kemarin.

Sekian cerita dari saya, bai!

Tuesday, July 23, 2013

JUST SMILE, DISGUISE!

fashion ad campaign by luki
pas browsing ga sengaja nemu gambar gaun pengantin 
yang dipake Ariel pas pernikahannya.
vintage dengan lace dan bagian bawah melebar mermaid-like
mana rambutnya dikepang pinggir lagi, kebetulan banget 
pict from visualizeUs

Tersenyumlah, maka seluruh dunia tak akan tahu meski tak ada sepeser uang pun di sakumu. Pepatah terkenal. Saya sering mempraktikkannya. Terbukti, orang yang baru kenal saya, selalu tertipu dengan penampilan saya. Dikiranya saya dari keluarga berada.

Pas interview…
Pewawancara: Punya sim A?
Saya: Enggak, Pak.
P : Sim C?
S : Ga punya juga.
P : Terus ke sini naik apa? Dianterin? #sambilTampilanSaya
S : Enggak, Pak, naik angkot.
P : #tieng

Logikanya, dengan rambut keriting-keriting, make up rapi, rok sepan, dan high heel; saya seharusnya datang dengan mengendarai mobil. Lha dandanannya bisa rapi. Masa dandan begitu, naikannya angkot. Ah, si Bapak interview ga asik. Saya memang ga kaya, tapi saya ga bodo-bodo amat keles. Saya berangkat naik angkot nge-gembel. Begitu masuk gedung, ke toilet, ganti baju, nata rambut, make up, dan pakai high heel. Udah deh siap ngelenong. Dung tak dung tak jes!!!

Hm, bahkan banyak yang bilang kalau curhatan sedih saya di heartchime itu lucu. Saya lagi sedih coy, dibilang lucu. Hih. Ini sekarang juga lagi feeling blue. Lucu ga sih tulisannya? Lucu yah? Terserah deh. Besok saya bertolak ke Jakarta dengan pesawat first flight. Doakan saya. Lancarkan semua urusan. Amin ya rabbal Alamin. Ngapain ke sana? Kepo deh situ ih.

Salam hangat dan grepe selalu,
Komen aku kunci yah, not in the mood nih. 

Monday, July 22, 2013

YUK, NGINTIP BARENG...

Hari ini, Senin, 22 Juli 2013, novel kedua saya, MayaMaia naik cetak. Naik cetak itu apa, Nek? Naik cetak itu kaya naik ranjang pas malam pertama penganten. Dungtak dungtak jess!!!

Sini aku intipin penampakan kover dan sinopsisnya. Hayo merapat biar hangat...

MayaMaia, Plotpoint, 2013
kilik kitik untuk memperbesar yah

Yuk, doa bersama biar kita sukses bersama
#grepe #cium #gampar

Friday, July 19, 2013

WE ARE YOUNG: KITA MUDA

Tunggu sebentar aku, aku butuh waktu untuk mencerna.
Kawan-kawanku lagi di kamar mandi, tinggi (mabuk) melebihi Gedung Empire State.
Pacarku dia menungguku di bar seberang.
Tempat dudukku diambil oleh seseorang berkacamata yang menanyakan tentang luka, dan
Aku tahu aku memberikan-nya beberapa bulan yang lalu.
Aku tahu kau coba melupakan.
Tapi di antara minuman dan hal-hal tak penting lainnya,
Salah dalam permintaan maafku, kau tahu
Aku berusaha untuk mengambil-nya kembali.
Jadi jika sudah waktunya bar tutup dan kamu merasa tak bisa bangun,
Aku yang akan antar kamu pulang.

Malam ini, kita muda.
Jadi mari kita bakar dunia, buat lebih benderang dari matahari! (2x)

Sekarang aku tahu bahwa kau menolakku,
Aku rasa aku, aku hanya berpikir mungkin kita bisa menemukan cara lain untuk putus.
Tapi kawan-kawanku mereka sudah balik,
Jadi mari kita toast (minum)
Soalnya aku punya seseorang yang akan mengantarku pulang.

Antar aku pulang malam ini (nananananana)
Antarkan saja aku pulang malam ini (nananananana) (2x)

Bulan berada di pihakku (nananananana)
Tak ada alasan untuk lari (nananananana)
Jadi siapa yang akan datang dan mengantarku pulang malam ini? (nananananana)
Para malaikat tak pernah datang (nananananana)
Tapi aku bisa dengar nyanyian mereka (nananananana)
Jadi siapa yang akan datang dan mengantarku pulang? (nananananana)

Jadi jika sudah waktunya bar tutup dan kamu merasa tak bisa bangun,
Aku yang akan antar kamu pulang.

(lirik ditranslasikan ke Indonesia oleh Annesya, Fun – We Are Young)

***
Lagunya FUN ini yang bikin unik adalah music-nya dan warna suara vocalist-nya. Saya suka sama band yang punya warna tersendiri, seperti Coldplay, Muse, dan lain sebagainya. Fun ini masuk dalam band dengan  keunikan tersendiri bagi saya.

Berikut MV dan lirik aslinya yah...


"We Are Young"
(FUN feat. Janelle Monáe)

Give me a second I,
I need to get my story straight
My friends are in the bathroom getting higher than the Empire State
My lover she’s waiting for me just across the bar
My seat’s been taken by some sunglasses asking 'bout a scar, and
I know I gave it to you months ago
I know you’re trying to forget
But between the drinks and subtle things
The holes in my apologies, you know
I’m trying hard to take it back
So if by the time the bar closes
And you feel like falling down
I’ll carry you home

Tonight
We are young
So let’s set the world on fire
We can burn brighter than the sun

Tonight
We are young
So let’s set the world on fire
We can burn brighter than the sun

Now I know that I’m not
All that you got
I guess that I, I just thought
Maybe we could find new ways to fall apart
But our friends are back
So let’s raise a toast
‘Cause I found someone to carry me home

Tonight
We are young
So let’s set the world on fire
We can burn brighter than the sun

Tonight
We are young
So let’s set the world on fire
We can burn brighter than the sun

Carry me home tonight (Nananananana)
Just carry me home tonight (Nananananana)
Carry me home tonight (Nananananana)
Just carry me home tonight (Nananananana)

The moon is on my side (Nananananana)
I have no reason to run (Nananananana)
So will someone come and carry me home tonight (Nananananana)
The angels never arrived (Nananananana)
But I can hear the choir (Nananananana)
So will someone come and carry me home (Nananananana)

Tonight
We are young
So let’s set the world on fire
We can burn brighter than the sun

Tonight
We are young
So let’s set the world on fire
We can burn brighter than the sun

So if by the time the bar closes
And you feel like falling down
I’ll carry you home tonight


Thursday, July 18, 2013

REVIEW NOVEL: SELAMANYA CINTA (2013)

kovernya



Mei, seorang gadis keturunan Tionghoa, ketika mengalami suatu kesulitan yang hampir merenggut kegadisannya, ditolong oleh Revan. Selanjutnya mereka menjalin hubungan yang mengarah ke hubungan percintaan. Namun hubungan mereka tidak mulus, Revan ternyata sudah dijodohkan ibunya dengan Rara.

Rara menjebak Revan agar menikahinya dengan alasan ia hamil anak Revan. Padahal itu anak Rico. Beberapa tahun kemudian, ketika Mei bertemu lagi dengan Revan, benih cinta di antara keduanya mulai tumbuh.

Pendapat saya, novel ini "sinetron banget". Cerita tentang kisah cinta yang dihalangi oleh orang tua karena si gadis miskin. Lalu antagonisnya hamil sambil menye-menye minta dinikahi si tokoh utama cowok. Kemudian si antagonis mulai ababil dan berusaha membunuh tokoh utama perempuan. Serasa beneran nonton sinetron. Jadi kadang saya senyum-senyum sendiri pas baca. Sumpah. Enelan. Ga oong. Kalau dijadikan skenario sinetron, yang main Sandra Dewi aja. #apaanSih


Untuk lay out, kover, dan penyuntingan tata bahasa-nya, bagus. Mungkin penulis butuh lebih banyak membaca literasi novel dewasa terkini, menurut saya. Caiyo! Ditunggu karya selanjutnya!

Tuesday, July 16, 2013

KEIKHLASAN

find this cute gif  at 9GAG
anyone who's know the own this gif, let me know :)

Ketika kita melakukan suatu kebaikan, belum tentu orang itu akan membalasnya dengan hal yang sama. 

Saat itulah, Tuhan menguji keikhlasan kita.


Renungan Annesya, ketika lagi cuci piring.

Thursday, July 11, 2013

HEY!


capture from goodreads, 
please click untuk memperbesar! ;)

Hey! For someone who uploaded my quotes from UBUR-UBUR KABUR (my first novel), I would like to say thank you! Thank you and I love you! #wink

Wednesday, July 10, 2013

SUCH A GREAT MOTIVATION

this from my twitter account

One of my friends tweeted me this. And I know I have to finish this X story. Actually, I feel a little bit frustrated; it’s such a dark romance between Andra and Ariel. But I feel glad that there’s someone out there can enjoy it.

Thank you, Lilik. Thank you for everyone that waiting the continuation of X. Jiah, Suci Mine, Novi, Haps dw, or anyone. Thank you!

HANSEL AND GRETEL: THE WITCH HUNTER (2013)



Hansel dan Gretel, dua bersaudara yang dibuang kedua orang tuanya ke tengah hutan. Di dalam hutan, dalam kondisi kedinginan dan kelaparan, mereka menemukan rumah permen. Karena lapar, mereka memakannya dan masuk ke dalam. Dua anak kecil itu kemudian dihadang oleh penyihir yang akan menyantap mereka. Mereka berhasil membunuh penyihir itu dan semenjak itu mereka menjadi pemburu penyihir.

Belasan tahun kemudian, dua bersaudara itu menjadi pemburu penyihir yang hebat. Mereka disewa oleh sebuah kota untuk menyelesaikan masalah penculikan anak-anak. Investigasi mereka menemukan bahwa para penyihir sedang merancang ramuan pada bulan darah agar mereka tak mempan oleh api . Untuk melengkapi ramuan itu, mereka membutuhkan jantung penyihir putih, yang tak lain adalah jantung milik Gretel.


Menurut pendapat saya, film ini asik dan seru walau ceritanya klise. Pemainnya ganteng dan cantik. Efek komputernya kurang bagus. Asik ditonton but nothing remains after watching this film. Film sekali tonton, singkat kata. Mungkin yang cowok-cowok bakal suka lihat Gemma.

Tuesday, July 9, 2013

GEMBLIN BLOGSPOT

the college of everything: plagiarism, 3
from visualizeUs


Kasus plagiarisme memang lagi gencar-gencarnya. Mungkin karena makin banyak yang ingin jadi penulis dalam waktu singkat. Semalam saya menemukan blog yang bagus sekali. Ini linknya: http://gemblin.blogspot.com

Para penulis menganggap bahwa blog ini serem, itu karena mereka menempatkan diri sebagai penulis yang dicaci oleh khalayak ramai. Tapi menurut pendapat saya pribadi, plagiarisme itu seperti pencuri dan tulisan adalah salah satu properti intelektual.

Memang harus dilakukan sesuatu untuk mengatasinya, melawannya. Salah satunya adalah dengan sanksi sosial. Kalau masalah plagiarisme tulisan terus menerus dibiarkan, bisa-bisa akan jadi tindakan korupsi yang berakar menjadi "kebiasaan".

Yang terpenting adalah mengambil pelajaran dari kesalahan orang lain.
Oh ya, saya sudah mulai menurunkan X secara berkala untuk menghindari pencurian tulisan. :)

Friday, July 5, 2013

BADAI KRITIKAN


Klik untuk memperbesar

Dan diantara badai kritikan editor saya, semoga saya bisa sampai dateline dengan selamat. Huhuhu... naseeeb punya editor keren...

Salam,

Thursday, July 4, 2013

TIPS BIKIN CERITA NOVEL GA BORING BAGI PENULIS PEMULA

Lagi iseng meriksa STATS blog dan ternyata banyak juga yang kesasar di blog ini untuk tutorial menulis novel bagi pemula. Jadi baiklah, sudah sangat lama saya tidak berbagi ilmu. Sebelumnya saya sempat membuat tutorial:

1. http://whentheheartchimes.blogspot.com/2011/11/tutorial-menulis-novel-bagi-pemula.html
2. http://whentheheartchimes.blogspot.com/2011/11/mengawali-novel-dengan-prolog.html (prolog diambil dari calon novel kedua saya)

Kali ini kita bakal ngobrolin gimana cara supaya tulisan yang kita bikin ga bikin boring pembaca:

Pertama, pilih tema yang unik. Makin unik tema kamu, makin asyik nulisnya. Lagian buat apa nulis sesuatu yang sudah sering dituliskan orang lain? What makes you different adalah nilai jualnya. Tapi kalau terlalu unik, ada harga yang harus dibayarkan, misal butuh observasi lebih untuk tema ceritanya (ambil contoh Jakarta Undercover, penulisnya benar-benar terjun di dunia malam Jakarta) dan bisa saja susah cari penerbit untuk menerbitkan. Itu pilihan hidup yah, urusan masing-masing.

Kedua, paragraf. Paragraph itu sangat penting komandan. Tulisan tanpa paragraph adalah seperti pasukan yang menyerbu lawan secara membabi buta, tanpa barisan, tanpa strategi. Kalau paragraph terasa sudah terlalu penuh, segera ganti paragraph.

Ketiga, masukkan dialog yang mengalir. Dialog ini biasanya terbentuk dari ucapan kita sehari-hari atau bacaan kita sehari-hari. Masukkan dialog yang keren namun tetap membumi. Menurut saya, dialog wah macam novel-novel terjemahan luar negeri, sudah berlalu masanya, pembaca lebih suka karakter yang membumi Indonesia raya merdeka merdeka #malahNyanyi

Keempat, jangan terlalu banyak ‘bicara’. Pembaca punya pemikiran sendiri, biarkan imajinasi mereka membentuk cerita tanpa kita (penulis) berbicara terlalu banyak. Deskripsikan setting tempat dan setting suasana secukupnya. Jika terlalu panjang nanti boring. Kecuali, bagi novel-novel science fiction yang memang membutuhkan deskripsi lengkap, karena adalah tugas penulis untuk mencipatakan ‘dunia yang tak ada’ menjadi believable. Kalau untuk novel yang setting-nya kehidupan sehari-hari mah deskripsinya biasa aja. Pernah saya menemukan novel, mau markir mobil aja pake dijelasin masuk gigi ini, persneling itu, injak rem, blah. Yaelah, bilang aja si A memarkirkan mobil di dekat pargar dengan hati-hati. Beres.

Kelima, kenali kemampuan kita dalam menuliskan sesuatu. Misal, ada penulis yang pandai membentuk karakter yang unik, dia akan menciptakan karakter yang unik yang dicintai pembacanya. Ada penulis yang jago deskipsi tempat, biasanya dia pakai setting di luar negeri begonok. Ada penulis yang kuat di plot, udah deh dia mengemas ceritanya dalam plot yang keren. Biarpun kadang cerita yang kita tulis klise, tapi kalau kita mengenali kemampuan kita, kita bisa menyampaikan sebuah cerita dengan baik. Gampangnya, sudah berapa kali sih orang yang me-remake cerita Cinderella? Tapi ternyata bisa macem-macem hasilnya.

Let`s go, baby! picture on VisualizeUs
foto pencitraan saya, from here

Sekian dari saya yang juga masih perlu banyak belajar. Niat saya berbagi ilmu sekalian promo novel kedua akyu. Ntar kalau terbit, dibeli ya #kedip2ganjen


Tuesday, July 2, 2013

CANTIK MENURUT ORANG PRANCIS

ini saya 
Candice, model lingerie terkenal


Pada dasarnya semua perempuan ingin terlihat cantik. Kalau pernyataan saya keliru, apa kabar perusahaan-perusahaan kosmetika yang meraup keuntungan besar melalui penjualannya pada pangsa pasar hawa? Apa kabar klinik-klinik kecantikan yang tersebar di seluruh negeri? Dan apa kabar produk-produk pakaian yang setiap tahunnya produksinya terus meningkat?

Kecantikan yang diinginkan oleh perempuan, tidak hanya kecantikan di luar melainkan juga kecantikan dari dalam. Kita ambil saja contoh, artis-artis perempuan Indonesia, yang ga cuma pakai make up dramatis, mereka juga selalu tersenyum di depan kamera. Beda halnya dengan standar kecantikan perempuan-perempuan di Prancis.

Kadang saya rada sakit mata kalau lihat sinetron di salah satu tivi nasional kita yang berlatar Prancis. Pakaian artis-artisnya masih ngejreng ala Indonesia banget. Padahal orang Prancis itu suka pakaian-pakaian dengan warna dasar tanah dan kayu. Orang Prancis kebanyakan suka terlihat cantik tanpa terlihat bahwa dirinya berusaha. Jadi kasarannya, mereka suka keliatan seenaknya, tapi sebenarnya mereka sangat sadar fashion.

Saya punya dosen yang mana dia orang berasal dari Paris, Prancis Native lah. Dia juga suka dandan seenaknya pas ngajar kuliah tapi somehow keliatan oke. Warna-warna bajunya juga ga ngejreng genjreng-genjreng. Kemudian saya berkesempatan jadi asisten dosen beliau, ngobrol-ngobrollah kami tentang “cantik” menurut versi orang Prancis.

Yang menarik dari pembicaraan kami adalah… (informasi aja, dosen saya sudah lancar bicara Inggris, bisa gila saya kalau diajakin ngobrol Prancis-an) fakta bahwa orang Prancis suka mengkoleksi lingerie sexy. Ahai, karena menurut mereka, kecantikan itu harus dimulai dari "dalam". That’s why mereka mementingkan underwear mereka ketimbang pakaian yang tampak dari luar. Sungguh berkebalikan dengan adat kita kan, yang lebih mentingin pakaian yang keliatan di luar? Hihihi…

Harapannya, pacar/suami mereka bakal mendapat suguhan pemandangan indah setiap harinya. Nah, bicara soal lingerie yang kini mulai membumi juga budayanya di Indonesia, sekarang banyak kita temui etalase yang memajang lingerie. Selain itu juga ternyata ada yang jual lingerie online, bok. Hare gene yah, apa-apa bisa praktis, tinggal ngeklik mouse doang. Cap cus…

Follower