TENTANG SI CHIMER

Sunday, June 30, 2013

BUKU-BUKU TERKENAL YANG GA MAMPU SAYA BACA

Sebagai penikmat buku, saya punya banyak kekurangan. Diantaranya adalah ketidakmampuan saya mencerna beberapa buku. Mungkin seperti perut saya yang ga tahan sama daging kambing? Padahal di luar sana banyak orang doyan makan kambing. Lah malah ngobrolin makanan. Berikut adalah daftar buku populer yang tidak bisa saya nikmati/ saya cerna:

kovernya laskar pelangi
kovernya Ayat-ayat Cinta

kovernya twilight
  1. Twilight tetralogy (novel): demi Tu-haaaan (ala Arya Wiguna) saya sudah memaksakan diri saya untuk membacanya. Saya bahkan berulang kali mengucapkan pada diri saya sendiri bahwa ini best seller! Best seller! Tapi toh saya ga mampu membacanya habis, malahan kepala saya pusing. Apa yang membuat saya merasa tidak mampu membacanya adalah tokoh utama, yang menurut saya, terlalu melebih-lebihkan penderitaannya. Seakan dia orang paling menderita di dunia. Ga ada yang lebih menderita dari dia. Juga pengulangan kata yang sama, sehingga deskripsi jadi terasa menyiksa saya. Bagi saya, Twilight adalah teenlit berbalut cerita vampire.
  2. Laskar Pelangi (novel): saya memahami bahwa buku ini adalah tentang menginspirasi orang lain untuk memperjuangkan mimpinya. Saya sadar bahwa buku ini bahkan mampu membuat genre baru dalam dunia pernovelan, inspirational novel. Tapi memang saya yang tidak bisa menikmati deskripsinya, alur ceritanya, dan lain sebagainya. Novel sefenomenal ini, saya ga mampu membacanya, huhuhu. Kadang kalau temen ngobrolin soal buku ini dan menanyakan pendapat saya bagaimana, saya cuma bisa bengong. Padahal buku ini sudah go internasional dan banyak dijadikan bahan ajaran anak sastra.
  3. Ayat-ayat Cinta (novel): bagaimana saya mengungkapkannya? Sepertinya saya merasa tokoh-tokoh dalam novel ini tidak real. Tentang tokoh non-muslim yang begitu sempurna akhlaknya, istri yang begitu ikhlas menerima poligami sebagai bentuk ibadah, dan tokoh utama yang terlalu… um… tokoh utama di sini seperti being dragged into some troubles. Jadi semacam bukan dia tokoh sentralnya. Dan, oh yah, endingnya, yang menurut saya, terlalu memaksakan diri. Penulis ingin membuat ending yang tak terduga tapi malah saking tak terduganya, saya jadi merasa aneh. Tapi saya salut dengan penulis yang juga menciptakan genre baru, novel cinta islami. Keren lah. 

Sebagai catatan ini adalah selera pribadi saya, yang berarti it has nothing to do with the others. Saya menilai buku ini dari sudut pandang penikmat buku, bukan sebagai ahli fiksi. Untuk sementara itu dulu deh, kapan-kapan di-update lagi.

Friday, June 28, 2013

ANAK MAMI SAYA

Dalam perjalanan ke gedung ICBC mengendarai angkot:
Bapak-bapak (B): Turun mana, Mbak?
Saya (S): ICBC, Pak.
B: Oh. Keturunan Tionghoa ya?
S: Bukan.
B: Tapi Mbak-nya "Anak Tuhan" kan?
S: Bukan, Pak. Saya anak mami saya.
Mbak yang duduk di sebelah saya: #ngikik

from 9gag



Thursday, June 27, 2013

REVIEW NOVEL: TENTANG CINTA (2012)

Menceritakan tentang Fanny, seorang pegawai perusahaan advertising yang masih muda dan bersemangat. Dia berteman dengan Rika dan Alin. Novel ini menceritakan kehidupan keseharian ketiga sahabat tersebut dan kisah cinta mereka.
Tentang Cinta
kovernya bagus
Menurut pendapat saya, novel ini terlalu detail menjabarkan deskripsi sehingga terkesan membosankan. Ada banyak adegan yang tidak mendukung isi cerita sehingga novel ini lebih seperti catatan keseharian ketimbang novel – yang biasanya punya benang merah. Kalau bisa kasih masukan ke Naura Laily, ada baiknya deskripsi yang mendetail digunakan hanya pada adegan yang memerlukannya untuk membangun plot.


Sekian,

Tuesday, June 25, 2013

TERUS HIDUP

Sekitar tanggal 12 Juni yang lalu saya pergi ke Jakarta. Saya menginap di rumah kontrakan sahabat saya, Renny. Seharusnya saya hanya tiga hari berada di sana dan segera kembali ke Surabaya. Tapi toh saking galaunya saya, saya malah tinggal di Jakarta selama kurang lebih satu minggu.

Padahal keseharian saya cuma melakukan kegiatan babu, nyapu-nyapu, cuci baju, dan cuci piring. Maklum, naluri babu. Lagian si Renny kerja dan baru balik kontrakan minimal jam tujuh malam. Biasanya dia malah sampai larut malam, jam 11malam -1 pagi. Jadi bisa dibilang, saya galau hampir sepanjang hari, setiap hari.

Untuk mengobati kegalauan saya, Renny ngajakin makan sushi di Suteki. Ya udah deh poto-poto ga jelas macam orang alay. Diliatin mas-mas yang duduk di sebelah. Dipikirnya, ini dua cewek, jalan-jalan pas malam minggu, cowoknya pada kemana. Yaelah, hare gene masih jomblo aja… #mewek

Renny (kiri), saya (kanan)

Tiba-tiba saya keinget dengan mimpi-mimpi konyol kami. Saya dan Renny pengen, nanti kalau sudah berkeluarga, rumah kami berdekatan. Jadi kalau berangkat kerja bisa pake satu mobil, hitung hitung hemat bbm (ngomong-ngomong angkot di Surabaya naik jadi 4000, gila, Kopaja di Jakarta aja cuman 2000). Terus kalau anak kita udah gede nanti, mau dijodohin aja, biar heboh kaya cerita FTV. Ntar saya suruh anak saya (maunya cewek) buat morotin duitnya anaknya Renny (maunya cowok). Ahak, lalu saya, sebagai mertua jahat, akan kuasai seluruh harta mereka semua. Moahahaha <-- khayalan orang stres.

Tiba-tiba saya hanya ingin impian-impian itu terus hidup dengan cara menuliskannya,

Thursday, June 20, 2013

X

...adakah kesempatan kedua untuk cinta yang telah lalu?

Dia pernah membuangku di masa lalu.
Di masa tersulit dalam hidupku, dia menjadi sama seperti lainnya, menatapku dengan pandangan jijik. Dia tak bedanya dengan manusia-manusia lainnya di dunia ini, yang menghakimi tanpa peduli.

Dia adalah mantan pacarku semasa SMA.
Atau bisa dibilang dia adalah cinta pertamaku. Kali pertama aku jatuh cinta dan semenjak itu aku tidak bisa lagi membiarkan hatiku terjatuh untuk kedua kalinya. Darinya aku belajar, jangan pernah mempercayai pria mana pun.

Namanya Andra.
Ketika ia menawarkan kembali apa yang dulu pernah membuatku melayang karena merasa dicintai, aku tidak sebodoh itu untuk membiarkannya menyakitiku. Tidak untuk kedua kalinya!
***
Postingan aku tentang blurb draft novel ini tiba-tiba ilang. Jadi posting lagi. Capedeh... blogger error.

Tuesday, June 18, 2013

BAD: BURUK

Semua orang bilang sesuatu telah berubah, aku sudah berubah.
Mereka berkata aku dulunya penuh cinta dan kasih, tapi entah kenapa aku berubah dingin.

Semua orang bilang sesuatu telah berubah, aku sudah berubah.
Mereka berkata aku dulunya penuh cinta dan kasih, tapi entah kenapa aku berubah dingin.
 Mereka tidak mengerti.
Mereka bilang aku dulunya ceria namun kini matamu, wajahmu, dan caramu berbicara, menjadi gelap dan menakutkan.

Apakah itu karena kenangan yang ingin kuhapus, aku mengosongkan hatiku.
karena hati yang baik itu tak berguna, merupakan produk cacat di dunia ini.

Itu sebabnya aku ingin menjadi buruk dan lebih buruk lagi.
Mereka bilang sepasang kekasih itu serupa,
mungkin ini caraku untuk menyerupaimu.

Mengerikan. Cinta itu mengerikan.
Kau adalah alasan yang kuat bagiku bernapas, tapi kini kau mencekikku.
Cinta itu begitu buruk, buruk, buruk, buruk, buruk.
Kurasa semakin kau mengenal cinta, kau hanya menjadi semakin buruk.
Cinta itu begitu buruk, buruk, buruk, buruk, buruk.
Semakin kau tahu cinta, hatimu semakin terluka .
Kau menjadi lebih buruk semakin kau mengenal cinta.

Aku menjadi mudah marah, aku bukan diriku.
Tapi aku berkata, "Memangnya aku seperti apa?" tapi tentu saja aku tahu benar.
Aku tidak tahan melihat diriku sendiri, aku dipeluk dalam kegelapan.
Bahkan dengan mata tertutup, aku tak bisa tidur nyenyak.
Aku mengembara sepanjang malam, bahkan pernah suatu ketika,
Aku butuh alkohol, sesuatu yang tidak biasanya kuminum.
Penuh kecemasan seiring aku terhuyung dalam gerimis di jalanan,
Aku memulai perkelahian dan mulutku – yang dulunya selalu membisikkan kata-kata baik –kini terus menyumpah-nyumpah.
Aku tak akan berhenti sampai bara api ini menjadi api yang membakar.
Aku akhirnya terus berbohong dan melecehkan cinta atas nama 'Cinta’

Mengerikan. Cinta itu mengerikan.
Kau menjadi alasan mengapa aku membuka mata, namun kini kau bersembunyi.
Cinta itu begitu buruk, buruk, buruk, buruk, buruk.
Kurasa semakin kau mengenal cinta, kau hanya menjadi semakin buruk.
Cinta itu begitu buruk, buruk, buruk, buruk, buruk.
Semakin kau tahu cinta, hatimu semakin terluka.


Yang lebih buruk darimu adalah,
Aku, yang tidak bisa melupakanmu dan menjadi jahat.
Aku, yang hancur berantakan dan menjadi lebih jahat lagi pada orang lain. (2x)

Mengerikan, begitu mengerikan.
Rasanya sakit, rasanya demikian sakit.
Apa yang kita sebut cinta?
Cinta adalah sebuah penyakit.
Adakah yang menyaksikannya? (2x)
Cinta.
(Bad, Tablo ft Jinsil, translated into Indonesia by Annesya)
***
Holaho… ini lagunya TABLO ft JINSIL. Temanya kisah cinta sadomasokisme. Music Video-nya juga isinya sexual explicit, jadi untuk 21+ yah…

Ini dia lirik aslinya dan MV-nya…
***

mwonga dalla jyeotdae
modu naega byeon haetdae
cham jeongi manhat deon aega
eonjenga jom chaga wo jyeotdae

mwonga dalla jyeotdae
modu naega byeon haetdae
cham jeongi manhat deon aega
eonjenga jom chaga wo jyeotdae

ijen alsu ga eobt getdae
hangsang useot deon neondae
nunbit pyojeong maltu ga
eodu wo jyeotgo museo wo jyeotdae

jugi gopeun
gieok ttaemun inji nae maeumeseo nal jiwo gamyeonseo
bujil eobtneun
chakhan maeumeuni sesange seon gyeol hami nikka eoseo

jeomjeom nappa, jigo shipna bwa
sarang hamyeon dalma ganda neun mal
cheoreom ireohke haeseo rado
neowa jogeum man dalma jigo shipna bwa

nappeuda, sarangeun cham nappeuda
sumshwi neun, iyu ga
dweo beorin niga
nae sumeul mak neun da

Love is so bad (bad) bad (bad) bad (bad) bad (bad) bad (bad)
sarangeun alsurok nappa (bad) jil (bad) su (bad) ba (bad) kke (bad), eobtna bwa
Love is so bad (bad) bad (bad) bad (bad) bad (bad) bad (bad)
sarangeul alge dwemyeon gaseumi appeuge dwae, aneun mankeum nappeuge dwae

annae deon hwaga naneun mal
na dabji ga eobtda neun mal
"nada unge mwonde?"
rago mal hamyeonseo jeolman aneun mal

naega nareul mot bwa, eodum soge angyeo bwado
nun gama bwado maeum pyeonhi mot ja
bamsae dorok haemae han mogeum jocha
jogeum do mot mashideon suri gopa

joba shime chwi haeseo
saebyeok biga ssoda jineun gireseo
biteul georimyeo
shibireul geolmyeo joheun malman soksak ideon ibeseo

sum shwimyeon yogi nawa
bulsshi ga hwaga dwegi jeonen mot jina ga
beoreut cheoreom geojitmal hage dwego
sarangeul sarangi raneun ireum euro gwerob hi janha

nappeuda, sarameun cham nappeuda
nun tteu neun iyu ga
dwe eo beorin niga
nae nuneul garinda

Love is so bad (bad) bad (bad) bad (bad) bad (bad) bad (bad)
sarangeun alsurok nappa (bad) jil (bad) su (bad) ba (bad) kke (bad), eobtna bwa
Love is so bad (bad) bad (bad) bad (bad) bad (bad) bad (bad)
sarangeul alge dwemyeon gaseumi appeuge dwae

nappeun neo, boda nappeun geon
geureon neoreul ijji mothae
mang ga jigo nappa jineun na
dareun saram ege nappa jineun na

nappeun neo, boda nappeun geon
geureon neoreul ijji mothae
mang ga jigo nappa jineun na
dareun saram ege nappeun na

nappeuda, cham nappeuda
apeuda, cham apeuda
What we call love
Love is a sickness. Can I get a witness? (Oh)
Love is a sickness. Can I get a witness?

nappuda, cham nappeuda
apeuda, cham apeuda
What we call love
Love is a sickness. Can I get a witness? (Oh)
Love is a sickness. Love.

Love is so bad (bad) bad (bad) bad (bad) bad (bad) bad (bad)
sarangeun alsurok nappa (bad) jil (bad) su (bad) ba (bad) kke (bad), eobtna bwa
Love is so bad, bad, bad
sarangeul alge dwemyeon gaseumi appeuge dwae

Thursday, June 13, 2013

DRAMA KOREA: THE INNOCENT MAN (2012)

Kang Ma Roo, mahasiswa tahun ketiga di universitas kedokteran adalah calon dokter berbakat dan jenius. Ia memiliki wajah yang tampan dan otak yang cerdas, satu-satunya kekurangannya adalah karena ia terlalu mencintai Lee Jae Hee. Lee Jae Hee adalah reporter muda HBS, suatu ketika ia secara tidak sengaja membunuh seorang pria. Kang Ma Roo, sebagai kekasih Jae Hee, mengakui dia lah pembunuh lelaki tersebut dan dipenjara selama 5 tahun. Enam tahun kemudian, Kang Ma Roo bertemu lagi dengan Jae Hee, gadis itu sudah menjadi istri simpanan seorang pengusaha kaya presiden Grup Taesan. Dalam kondisi terkhianati, Ma Roo masih menyimpan cinta untuk Jae Hee. Ma Roo menggunakan Suh Eun Gee (anak tiri Jae Hee) untuk membalas dendam pada Jae Hee.

film ini tentang cinta segitiga, dan balas dendam
Film ini menurut saya adalah film orang gila, tidak ada logika, tidak ada motif, semua digerakkan oleh emosi sesaat sehingga setiap karakter dalam cerita ini terkesan begitu impulsif dan melakukan hal-hal absurd. Karena tidak tahan dengan semua karakter dalam cerita ini, saya menyetel film ini sambil cuci piring, lumayan, buat radio. Padahal saya biasanya menyukai tema film seperti ini, tapi memang alurnya terlalu banyak plothole, karakternya juga tidak jelas apa maunya, dan melakukan segala sesuatu tidak jelas tujuannya. Tapi yang bisa dinikmati dalam drama ini adalah visual setting tempatnya yang terfotrografi dengan baik. 

Begitulah Saudara-saudara sebumi dan setanah air.

Wednesday, June 12, 2013

REVIEW NOVEL: PILLOW TALK (2010)

Emi dan Jo adalah dua sahabat yang saling mencintai diam-diam. Bagi mereka berdua, persahabatan mereka adalah hal terpenting dalam hidup. Mereka bahkan rela memutuskan pacar masing-masing demi menjaga persahabatan tersebut. Atau bahkan menyembunyikan perasaan mereka dan memilih untuk tidak saling memiliki; ketimbang merubah status persahabatan mereka menjadi hubungan kekasih.

Pillow Talk
kovernya
Menurut saya, novel ini cewek banget yah – in positive way. Christian Simamora bisa menulis novel yang detailnya cewek banget, yang bahkan saya yang cewek ini, ga mampu deh segitunya. Ehek, mungkinkah karena saya cewek jejadian? Novel ini, menurut saya, nuansanya komedi metropop ala Meg Cabot gitu, jadi sebenarnya antara judul, kover, dan blurb, saya rasa ga mencerminkan isi novelnya. Judulnya pillow talk, dalam pikiran saya, yah perbincangan sepasang kekasih sesaat sebelum tidur, artinya pillow talk kan gitu, eh tapi mananya dari cerita ini yang merepresentasikan pillow talk? Terus ada lambang gelasnya, apanya ya dari cerita ini yang ada hubungannya dengan gelas? Dan blurb-nya yang bilang: percayalah, ini adalah kisah cinta yang tak ingin kamu alami. The heck... saya mau mau mau mau pake banget mengalami kisah cinta dalam novel ini!!!! Mau pake banget!!! ß ngomongnya pake nafsu menggebu dong, hahaha.


Intinya, novel ini  ringan, dan menghibur. Cocok banget dibaca sama cewek stres macam saya. Tipe novel yang bisa brighten the day. Cuma kemasannya ga nyambung. Sekian.

Friday, June 7, 2013

DOA HARI INI


Tuhan, dalam kesulitan ini, tunjukkan maksudmu.
Ajari aku jadi lebih baik, jika maksud-Mu demikian.
Sadarkan kesalahanku, kalau Kau bermaksud menegur.
Sesungguhnya hamba-Mu ini makhluk yang sering lalai.
Amien.
 

Thursday, June 6, 2013

RUMUSAN



“Halo, Busuk, apa kabar?”
“Halo juga, Sampah. Belum mati digebukin preman pasar ya?”
“Hihihi, belum, preman-preman pada sibuk ngegebuk beduk yang lainnya. Kamu sendiri korengnya udah sembuh?”
“Udahlah. Kan udah aku tularin ke kamu hahaha...,”
“Hahahaha...,”
***
“Halo, Sapi, ini hari raya kurban, kau jangan keluar-keluar ya. Tak rela kehilanganmu!”
“Taik kuda lah! Hahaha.”
“Ha-ha juga. Btw, ntar malam jalan jalan yuk.”
“Ga ada duit!”
“Halah, kemaren-kemaren buat apa kamu rajin mangkal, toh sampe sekarang masih miskin juga, ga kaya-kaya? Cuih!”
 “Dasar bangke!”
***
Dua sahabat saling menghina adalah apa yang biasa terjadi. Tapi kalau belum terlalu dekat, jangan coba-coba melakukan seperti hal di atas. Itu namanya ga sopan, ga tahu diri, ga etis, ga cerdas. For your information aja, bagi mereka yang mulutnya ga punya rem. Mulut saya memang kadang ga ada rem-nya tapi ga ke semua orang kale ngomong begitu. Jadi, guys, diukur dulu kadar kedekatan kalian dengan orang yang kalian ajak bercanda kasar, kalau belum terlalu dekat sebaiknya jangan bergurau sarkastik, bukannya lucu, tapi malah jadi irritating banget.

For your information aja, berhubung banyak orang di luaran sana yang masih belum memahami rumusan ini.

Sekian,

Wednesday, June 5, 2013

MATINYA BONI

“Boni apa kabar? Sudah lincah?” hampir setiap hari bbm begitu ke Anis.
“Sudah keluar dari rumah sakit. Hore!”
Boni adalah nama kucing persia peliharaannya Anis, usianya masih 4 bulan. Dia sakit ketika saya terakhir kali ketemu, sakit kutu telinga, jamur, dan mencret. Duile sakitnya borongan!
“Kangen Boni. Fotoin dong!”
“Ke sini lah kau! Lihat sendiri!”
“Oke, besok aku ke malang deh!”

Esok harinya, di stasiun gubeng, sudah di peron, mau melangkahkan kaki ke kereta, ada berita duka lewat bbm mengabarkan bahwa Boni mati. Kaget dong, berasa adegan novel yang tau berita pacarnya kecelakaan pas di stasiun #eeaa,korbanteenlit. Niatnya mau "besuk" eh kok jadinya "ngelayat"? 

Dan begitulah teman-teman, Boni mati karena memang dari awal Anis ga pinter milihnya pas beli. Reri – temannya yang sudah pengalaman pelihara kucing – menasihati ini itu, tapi emang Anis-nya keras kepala juga dan memang sih dia lagi bokek juga. Paham deh, sesama jobseeker gitu. Apa yang kita petik dari kematian Boni adalah bahwa sebaiknya ajak teman yang ahli memilih kucing pas beli, kemudian belajar dulu cara pelihara kucing yang benar, dan sudah ada rencana mau diapakan kucing itu kalau ditinggal satu dua hari. Yah, kalau mati begini kan jadi sedih, hilang kucing, hilang uang.

Beberapa teman memarahi Anis dong, itu pasti. Dan saya, yah saya yang ga bisa nyenggreng ini, ketika dicurhati Anis, ya seperti biasa, bilang bahwa lain kali kalau beli kucing ajak Reri buat milih. Terus maunya bilang: begitu sakit, kucingnya langsung bawa ke dokter. Cuma saya tahu, Anis bukannya gamau bawa ke dokter, waktu itu dia memang lagi bokek. Toh saya lihat sendiri, begitu ada uang, Anis habiskan semuanya buat rawat inap-in Boni. Jadi nasihat kedua saya simpan aja.

Begitulah, pelajaran hidup memang mahal harganya, dan bisa saja kita harus bayar 1juta untuk dapat pelajaran tersebut – harga kucing persia milik Anis. Ahihihi <<< sebenernya eke sedih, eke sayang sama boni, tapi entahlah... Anis dan keanehannya membuat saya sedih-sedih pengen ketawa.

Salam aku jalak bukan jablai,

Aku janda galak bukan janda lebai #korbanDangdutKoplo

Tuesday, June 4, 2013

just for you know




Dan dari sekian banyak pertanyaan di alam semesta,
pertanyaan yang paling saya benci detik ini adalah…
Kamu apa kabar?
 (you are all know I'm not okay)

Monday, June 3, 2013

REVIEW NOVEL: HUJAN DAN TEDUH (2011)




kovernya

 Menceritakan tentang seorang gadis bernama Bintang yang memiliki masa lalu sebagai lesbian, ia berpacaran dengan sahabat perempuannya yang bernama Kaila. Menginjak kuliah, rupanya ada satu pemuda yang mampu menambat hatinya, pemuda itu bernama Noval. Pada awalnya hubungannya dengan Noval begitu manis namun kadang cinta bisa begitu saling menyakiti satu sama lain.

Pendapat saya pribadi, novel pemenang 100% romance asli Indonesia gagasmedia ini masuk kategori di luar kebiasaan – dalam artian positif. Wulan Putri berani memasukkan unsur unsur berbeda dalam romance-nya: ada lesbianism, kekerasaan dalam hubungan kekasih, sampai dengan seks pranikah. Sebab sebenarnya ga gampang mengemas cerita berat dalam kata-kata yang sederhana, tapi toh Wulan Putri sukses melakukannya. Novel seperti ini sebenarnya beresiko, soalnya masih jarang pasaran Indonesia yang suka cerita kaya ini. Palingan juga yang suka macam orang aneh kaya saya, hahaha. Ya, tahulah, pasaran Indonesia lagi suka kisah cinta sweet ala Korea.

Kalau saya boleh kasih kritik dan saran untuk novel ini, ada dua: perkuat setting tempat dan juga perkuat karakter Noval agar perubahan sifatnya terlihat logis. Novel ini saya nyatakan layak menang dalam kompetisi gagasmedia. Eh? Gue siapa yaaaa?

Nulis lagi ya Wulan, eke tunggu, cynt…

Follower