TENTANG SI CHIMER

Friday, May 31, 2013

DROP IT LOW: S.O.S

Pertama kali melihat mereka live di acara SHOW IMAH, saya berpikir: whoa, who is those girls? Girlband Indonesia dengan kemasan paling Korea yang pernah saya lihat. Terus teman saya bilang mereka adalah jebolan ajang pencarian bakat GALAXY SUPERSTAR -- yang dulu ga pernah saya tonton karena saya pikir acaranya sangat alay. Katanya mereka di-training sama managemen dari Korea.

Sebelumnya saya lihat video klip S4 dan ga sreg, serasa kurang "laki"-nya. Jadi saya ga peduli sama jebolan girlband-nya. Tapi ternyata memang oke sih SOS ini, menurut saya, setelah lihat aksi mereka. Dance-nya oke, kemasannya ga bikin sakit mata. Semoga mereka bisa terus berkarya dibandingkan boyband-girlband lainnya -- yang sering bikin saya sakit mata dan sakit telinga.

Semoga mereka ga bubar. Semoga mereka ga usah pake oplas karena fisik mereka sudah cukup menarik. Semoga ke depannya karya mereka lebih merepresentasikan Indonesia ketimbang Korea. Semoga managemen-nya juga memperlakukan mereka dengan baik sehingga mereka bisa terus berkarya dan menghasilkan uang yang banyak. Semoga saya masih bisa menikmati mereka berkeliweran manggung di Indonesia dalam jangka waktu lama. Yah, untuk pertama kalinya saya merasa terhibur sama girlband Indonesia. Akhirnya... hahaha...

Lagi sering-seringnya muter MV mereka saat ini.


Monday, May 27, 2013

EMEIJING!


Adek saya ga lolos jalur undangan Saudara-saudara. Saya sebelumnya ga kesal sama dia, soalnya saya kasihan, dia kelihatan sedih. Tapi ketika kemudian saya tanya soal sbmptn, dia bilang dia melewatkan program LBB intensif, saya emosi. Kesannya, adek saya ini terlalu meremehkan kerasnya persaingan mendapatkan universitas negeri terkemuka. Saya ingin marah. Saya ingin meledak. Tapi berhubung saya orangnya susah nyenggreng, saya cuma bilang: kok bisa kamu, Mas…! (dengan nada nelangsa).

Sekarang saya sedang browsing jurusan dan universitas mana yang cocok buat dia. Gaining informasi dari sana sini. Dan adek laki-laki saya, hingga jam segini, dengan amazingnya!, pergi futsal sama temen-temennya. Sungguh amazing!

Sekian gerundelan saya hari ini.
Salam,

Saturday, May 25, 2013

FEELING STUPID




Akhir-akhir ini saya sedang kesal. Kesal karena setiap melamar pekerjaan mereka mengarahkan saya jadi marketing. Alasannya adalah saya ada pengalaman kerja sebagai marketing, komunikasi saya bagus, dan tampang saya menjual. Saya terus terang sedikit kesal karena saya niatnya melamar jadi admin.

Saya juga lagi kesal sama mereka yang bbm dan isinya rayuan geje ga mutu. Iya tahu mereka lagi usaha, cuma mungkin saya ga nyaman. Saya bukan tipe cewek yang mudah dilambungkan dengan rayuan. Pernah saya bilang saya ga nyaman dengan rayuan mereka, mereka dengan entengnya bilang: kamu kan novelis harusnya suka dirayu. Ya ga segitunya kali, kalau dirayu-rayu terus, jadi krik krik rasanya. Saya lebih menghargai mereka yang mengajak saya ngobrol dengan hati yang tulus. Rayuan yang berlebihan membuat saya merasa bahwa orang tersebut menganggap saya bodoh.

Sebagai catatan, ada yang merayu saya cantik seperti bidadari. Bayangkan! Betapa krik-kriknya! Pernah juga saya melamar kerja, dan calon bos saya minta saya pasang foto display bb dengan foto yang hot. Bukannya interview soal kemampuan ini oom oom genit amat. Err…

Intinya saya sedang kesal aja. Kesannya, kalau cantik itu, otaknya ga ada, bisa dibodoh-bodohi dengan gampangnya. Baiklah, mungkin karena sifat saya yang aneh ini yang bikin saya jomblo. Kata temen saya, saya terlalu cuek sama rayuan cowok. Baiklah, memang jadi aneh itu salah. Maafkan.


http://farm4.static.flickr.com/3391/3328903034_a52cff1234.jpg
tampang saya pas dipuji bidadari. pict from here

Salam,
Annesya

Tuesday, May 21, 2013

LUAR BIASA ITU

Amazing,beautiful,magic,photography-2601d2d1ccdfce2f78114c22995ed72f_h_large
from here
Luar biasa itu adalah seperti pertama kali menyadari ketika mendongak menatap bulan, kita berjalan, bulan itu mengikuti kita. Luar biasa itu adalah ketika angin kencang menghantam pepohonan, menengadah pada ranting-ranting pohon, hijaunya daun yang bergesekan menentramkan. Luar biasa itu adalah ketika awan menggantung begitu rendah di langit, di sela-selanya, sinar matahari menyercah, menembus bumi. Luar biasa itu adalah ketika menyadari hujan yang jatuh di luar sana, butiran-butiran air yang menempel di jendela kaca, berkilau tertimpa cahaya, merefleksikan wajah kita. Luar biasa itu...

Sunday, May 19, 2013

tidak terlalu banyak pilihan

Tidak terlalu banyak pilihan dalam hidup saya. 
Tidak sebanyak yang bisa didapatkan orang lain. 
Seringkali merasa bahwa ini tidak adil.
Namun perasaan itu tidak membawa masalah ini ke arah apa pun,
kecuali air mata.

Thursday, May 16, 2013

masih soal revisi



Saya lagi galau. Ini naskah saya yang kudu direvisi adalah naskah romance-komedi. Meanwhile, mood saya sedang mellow. Kudu piye terus iki jajal? Saban nulis kok isine menye-menye ngene? Hih...!


LEBIH CANTIK


Seringkali apa yang tidak kita miliki adalah apa yang membuat kita lebih baik, lebih rendah hati, dan lebih mengerti. Kemolekan fisik yang membuat kita memandang diri kita lebih baik dari lainnya. Kecerdasan yang membuat kita merasa lebih pintar dan arogan. Kekayaan yang membuat kita memandang hidup dalam kacamata materialisme.

Seharusnya...
Kekurangan fisik adalah apa yang membuat kita terpacu untuk menguggulkan kemampuan yang lain. Kekurangan pengetahuan yang membuat kita memahami dengan hati. Kemiskinan yang membuat kita peka terhadap penderitaan orang lain.

Hei, apapun dirimu, jangan pernah rendah diri. Perbaiki fisik dan jiwamu. Jadilah lebih cantik dari sebelumnya. Cintailah dirimu sendiri, orang lain akan balas mencintaimu.

Salam,

Wednesday, May 15, 2013

REVISI NASKAH NOVEL KEDUA


Saya sudah cerita belum di sini kalau novel kedua saya mungkin akan terbit awal Agustus. Judulnya masih belum jelas. Mungkin bisa diubah sewaktu-waktu. Intinya di sini saya mau curhat masalah revisi naskah.

Begini, Saudara-saudara, sebenarnya saya belum pernah ada pengalaman revisi naskah bareng editor. Novel UBUR-UBUR KABUR yang dulu itu setelah tanda tangan kontrak, enam bulan kemudian langsung terbit tanpa ba bi bu. Bisa dibilang saya hampir tidak mengenal editor UBUR-UBUR KABUR, somehow saya malah curiga naskah saya itu diedit atau enggak. Seingat saya tidak ada yang berubah, mungkin kesalahan sedikit (semacam typo) yang dibenahi? Heaven know yah. Intinya, saya tidak berhubungan apa-apa dengan editor pada novel saya yang pertama.

Jadi di novel kedua ini saya sedikit kaget. Saya memang sering dengar penulis yang curhat masalah revisi naskah atas permintaan editor. Namun saya belum pernah mengalaminya sampai saat ini. Biasanya, naskah saya kalau ga cocok, langsung dikembalikan. Begitu terus. Namun kali ini saya beruntung, saya diberi kesempatan untuk dibimbing sama editor yang berpengalaman.

Editor saya namanya mbak Donna. Mbak Donna ini yang biasa ngedit naskahnya Luna Torashyngu. Iya novelis terkenal itu. Saya excited banget deh. Semoga naskah saya bisa sesukses punya Luna atas bantuannya mbak Donna yah. Amin! Wish me luck!


Saturday, May 11, 2013

ini sampah

Ada banyak waktu yang terbuang saat itu hanya untuk mendengar orang lain. Ada banyak waktu yang terbuang hanya untuk percaya bahwa semua yang kuanggap benar adalah salah. Ada banyak rasa sakit yang terbuang percuma. My life is a big joke. I know it. I realized I can not run from my past. I must admit every broken part of my life. I must look like I'm fine because I have to. Because they want to. Because I have no choice. Because I hate myself. Because I hate that I know this is my fate. And I supposed  to bear it, no matter what.

menjadi orang tua nanti

Apa yang harus aku ingat ketika menjadi orang tua nanti adalah bahwa aku harus sadar, bahwa aku tidak bisa mengetahui segalanya, walau usiaku lebih lama.

Apa yang harus aku sadari ketika menjadi orang tua nanti adalah bahwa aku harus diam agar bisa mendengar. Bicara ketika perlu melakukannya.

Apa yang harus aku lakukan ketika menjadi orang tua nanti adalah bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Aku bukan orang tua yang sempurna dan tugasku adalah terus belajar menjadi orang tua yang lebih baik bagi anak-anakku.

Sekian.

Thursday, May 9, 2013

REVIEW NOVEL: CATCHING FIRE



kover buku CATCHING FIRE

Katnis Everdeen menjadi sebuah simbol gerakan pemberontakan berkat aksinya di reality show HUNGER GAME ke-74. Katniss menunjukkan bahwa The Capitol boleh jadi berkuasa, namun mereka tak memiliki jiwanya. Katniss Everdeen menjadi pemenang bersama Peeta Melarck atas aksi Berry beracunnya.

Ketika Katniss mengira bahwa segalanya telah berakhir, presiden Snow mendatanginya dan secara tersirat mengancam keselamatan orang-orang yang dicintainya. Yah, Game belum berakhir. Tak hanya itu, Presiden Snow menyusun Game terbaru di Hunger Game ke-75 dengan Katniss Everdeen di dalamnya.

Katniss tahu ia tidak akan keluar dalam kondisi hidup pada Game kali ini. Maka ia merencakan untuk menjadikan Peeta sebagai pemenang. Namun ternyata, bukan hanya dia yang memiliki rencana pada Hunger Game ke-75. Di luar sana, pemberontakan telah dimulai!

jennifer lawrence katniss catching fire poster 03
gaun pernikahan Katniss di film Catching Fire
tayang akhir tahun 2013
Menurut saya pribadi, buku kedua dari serial trilogy HUNGER GAME ini oke sekali. Game di sini punya feel yang berbeda dari game di buku yang pertama. Endingnya pas kena di klimaks, jadi bikin perasaan galau. Semoga Suzzane Collins berhasil menyelesaikan konflik dalam ceritanya di bukunya yang ketiga, MOCKINGJAY.

Monday, May 6, 2013

Saturday, May 4, 2013

RESENSI NOVEL: THE HUNGER GAMES

Katniss Everdeen, the triumphant of 74th Annual Hunger Game
kover novel HUNGER GAME

Dan yes, saya baru saja menyelesaikan membaca ebook Hunger Game. Ya ampyun lebih bagus daripada filmnya. Filmnya memang bagus tapi filmnya kehilangan detail dari pertengahan sampai akhir cerita. Ada banyak adegan-adegan penting yang dihilangkan.

Entah itu adegan ketika Katnis dehidrasi pada Games, kisah roman picisan palsu antara Katnis dan Peeta, sampai dengan apa yang terjadi ketika Game berakhir. Kericuhan apa yang terjadi di Panem.
Jadi saran saya, ayo dibaca bukunya. Ga bakal nyesel. Dijamin. Silahkan potong kuping saya kalau saya bohong. Jempolan jempolan! Suzanne Collins emang jempolan! 

Wednesday, May 1, 2013

MOVIE: MIKA (2013)


Mika diangkat dari novel berjudul WAKTU AKU SAMA MIKA. Novel ini (kata penulisnya) adalah kejadian nyata. Bahwa seorang gadis yang mengidap skoliosis ini jatuh cinta dan menjalin hubungan cinta dengan Mika yang mengidap HIV positif. Saya sudah baca bukunya. I’ll have to admit that the book is powerful dalam sisi emosional dan karena Indi (si penulis) menuliskannya dengan polos. Jempol for the book.

Well, tidak ada perubahan inti cerita dalam film MIKA yang diperankan oleh Vino G. Bastian (as Mika) dan Velove Vexia (as Sugar Indi). Intinya sama, cuma kalau di buku lebih mengutamakan letupan-letupan rasa (seperti blurb) sementara kalau di film semacam adegan-adegan gitu. Adegan yang… (mangap) saya kok ga “gimana” gitu? Saya ga merinding apa gimana? Just flat? #bengong



Pendapat saya pribadi, may be I expect too much for this movie. Mungkin karena yang main Vino G. Bastian, saya berharap bakal emosional banget, secara Vino yah. Sayangnya, menurut saya, itu emosi Vino kurang dieksplor. Sayang dong, pake Vino tapi ga dieksplotasi kelebayannya #eh dan lagian karakter Mika emang cocok banget sama Vino. Dan Velove, yah… I just don’t see Indi inside of her. Mungkin faktor usia? Velove terlalu tua untuk memerankan Indi. Jadi kalau dia bertingkah polos, saya serem sendiri #ommo. Perpindahan antarscene juga kurang mulus, saya ga tau apa namanya, cuma... rasanya... feel-nya kurang dapet gitu. That’s it. Yang suka romance remaja dengan tema beda, bisa menikmati film ini. Mika merupakan salah satu film remaja yang mendidik. Kampanye no drugs! Mari berkencan dengan cowok HIV positif yang tampan dan baik hati <<< pesan sesat moral dari saya. 


MOVIE: THE HUNGER GAMES (2013)


Jadi gara-gara asik posting FLAME TO DUST, saya jadi lupa ga review film HUNGER GAMES. Padahal saya sukaaa banget sama film itu. Soalnya pemeran utamanya mirip banget sama saya. Serasa bercermin.

HUNGER GAME diangkat dari novel yang berjudul serupa. Saya sedang membaca novelnya dalam bentuk ebook, of course in English. Seting cerita adalah masa di mana dunia (they named it Panem) dipimpin oleh Capitol. Kedua belas distrik sisanya adalah negara jajahan yang kalah dalam peperangan hebat 74tahun yang lalu. Untuk memperingati peperangan tersebut, tiap tahunnya akan diambil satu perwakilan (Tribute) perempuan dan satu perwakilan laki-laki. Mereka kemudian akan ditempatkan dalam situasi yang mereka sebut sebagai HUNGER GAME. Kedua puluh empat tribute diharuskan saling membunuh satu sama lainnya untuk menyisakan satu pemenang. Hunger game adalah acara reality show yang ditayangkan di seluruh Panem, untuk memberi harapan sekaligus pressure bagi kedua belas distrik jajahan Capitol.

Katniss Everdeen yang kehilangan ayahnya dalam ledakan tambang batu bara, ia adalah tulang punggung keluarga. Pada hari pemilihan, Primrose Everdeen, adik perempuan Katnis, terpilih. Maka seketika Katniss menawarkan diri sebagai relawan untuk menggantikan adiknya. Bersama Peeta Melark (tribute laki-laki yang terpilih) mereka memainkan cross-lover dalam Hunger game untuk memenangkan permaianan. Apakah mereka akan berhasil memenangkan game ini tanpa harus saling membunuh? Kasih tau ga yaaa #kumatAlay


Pendapat saya, filmnya oke banget. Setting suasananya berhasil tercipta. Tapi ya karena di film ada keterbatasan durasi, jadi akan lebih baik kalau kalian-kalian membaca bukunya untuk semakin memperjelas isi cerita. Soalnya agak beribet juga filmnya. Saya ga sabar untuk nunggu sekuelnya, Catching Fire!

Salam,

SEBENARYA

Sebenarnya saya sedang frustasi. Frustasi sefrustasi-frustasinya. Cuma saya lagi ingin berpura-pura tidak frustasi. Biar ga banyak yang tanya dan saya terpaksa harus bohong. Harus bilang segalanya baik-baik saja, padahal enggak. Jadi sekian. Terima kasih.

from here
Diterusno tah urip iki? #kumat :3

Follower