TENTANG SI CHIMER

Wednesday, August 31, 2011

RAYUAN PATAH HATI: EDISI SENDAL

pict from here
A : Kita putus oke?
B : *menyeka air mata* Aku... tahu kenapa kamu ngajakin putus...
A : Kenapa?
B : Karena Bapakmu tukang jualan Sandal jepit.
A : Kok?
B : Iya. soalnya kau telah MENGINJAK-INJAK hatiku!!!!

#eaaaa eaaa#

Ya Allah ampuni dosa sandal-sandal jepit di dunia saya ya Allah,

CINDERELLA IN PARIS: NOT A CINDERELLA’S STORY


Spoiler alert!

cover novel CINDERELLA IN PARIS - Sari Musdar
Mari kawan-kawan kita bedah buku pemberian mbak Fanny ini. Yuk ya yuuuk…

Well, first of all, saya mau menempatkan diri saya sebagai pembaca ketimbang penulis. Karena kalau saya menempatkan diri saya pada posisi penulis, saya tidak akan mampu meresensi novel apapun. Dan sebenarnya ketimbang meresensi, saya cenderung menjadi kritikus. I don’t know why… but I have a sharp eye kalau tentang kritik mengkritik tulisan. Mungkin itu sebabnya kawan-kawan kampus saya suka meminta pendapat saya mengenai tulisan mereka. But, sebelumnya, saya ingatkan tulisan ini hanya bersifat subjektif. Kalian bisa saja berpendapat berbeda.

Inti cerita Cinderella in Paris adalah sebuah novel yang menceritakan perjuangan seorang gadis di ambang usia yang mencari tambatan hatinya hingga keliling dunia, mulai dari Australia, Italia, sampai dengan Paris – di mana kemudian ia menemukan tambatan hatinya.

Pertama kali, nilailah buku dari kovernya. Kover novel ini berwarna biru dengan tulisan glitter emas. Sekali pandang kover ini seperti memiliki cerita sendiri. Kita membayangkan isi ceritanya akan berbau metropop. Sayangnya isinya tidak demikian, bukannya berarti ceritanya jelek, hanya kovernya tidak merepresentasikan isi cerita. But, saya akui kovernya komersil. Kover komersil juga turut mempengaruhi penjualan that’s why kita harus menilai buku dari kovernya dulu. Kesimpulan dari saya… kover buagus tapi… (isi titik-titik ini sendiri).

Kemudian masuk ke endorsement… saya bukan tipikal orang yang menilai sebuah buku dari endorsement. Sebab saya mengetahui kelemahan dari endorsement, pertama bisa saja sang pemberi endorsement tidak membaca keseluruhan isi cerita dan asal memberi dukungan. Kedua, selera setiap orang kan berbeda, satu orang suka, yang lainnya belum tentu suka. Maka saya suka melewati bagian endorsement sebuah buku. Itu adalah bagian yang paling akhir saya baca dari sebuah buku.

Masuk ke dalam cerita kawan-kawan… cerita ini menggunakan sudut pandang orang pertama. Kelebihan dari sudut pandang orang pertama adalah pendekatan yang intens dengan pembaca, pembaca diharapkan masuk ke dalam cerita sebagai tokoh utama. Adegan pertama dibuka dengan perkenalan tokoh utama bernama Saras Ratiban. Penulis buku ini, Sari Musdar, cukup berhasil memasukkan pembaca ke dalam cerita. Hanya saja terlalu banyak penggunaan kata ganti orang pertama, yakni “aku” dalam bab pertama (namun di bab selanjutnya sudah oke). Mungkin ini tugas editor untuk membenahinya. Selain itu masih cukup banyak kesalahan tanda baca dan juga penempatan spasi dalam kalimat. Contoh:
Di halaman 10: termasuk tentu saja termasuk, tentu saja,…
Halaman 18: disela-sela di sela-sela
Halaman 66 : kamibarusajatibalimajamyanglalu kami baru saja tiba lima jam yang lalu

Penulis berusaha memberikan info pengetahuan untuk para lajang dalam mendapatkan jodoh melalui penggalan adegan-adegan. Ini cukup bagus. Dan juga disertai istilah-istilah yang menambah pengetahuan. Hanya saja (menurut saya) kata-kata sulit tersebut ada baiknya dijelaskan pada catatan kaki untuk urusan kenyamanan pembaca ketimbang dijelaskan pada halaman belakang Glossary.

Hal yang menarik dari novel ini kita akan diajak berkeliling dunia dan mengunjungi tempat-tempat indah. Pendiskripsian setting tempat terasa mulus mulai halaman 85. Namun sayangnya terkadang penulis lupa pada kebutuhan pembaca akan cerita dan asyik menceritakan tempat-tempat yang dikunjunginya. Oleh karenanya ada banyak adegan dalam buku ini yang tidak “mempengaruhi” inti cerita. So, bagi pecinta traveling, ini novel yang menarik untuk dinikmati sambil bersantai dan meminum segelas kopi. Namun bagi pecinta fiksi, mungkin beberapa adegan akan terasa sedikit membosankan.

Dalam novel ini jiwa petualang penulis terpancar jelas dalam plot novel. Anda akan dibawa bepergian, mengenal orang dan budaya mereka. Kalian akan diajak berbincang bahasa Prancis dan Inggris. Bagi Anda yang pernah mempelajari bahasa Prancis seperti saya, ini referensi yang baik karena di sini penggunaan Prancis akan bersifat non-text book. Well, kalau kita belajar dari text book, mau tak mau bahasa asing kita akan terlalu baku kan? Saya lumayan refreshing sambil mengulang pelajaran bahasa Prancis saya di semester satu-dua perkuliahan. Lumayan asyik laaaah…

Pada bab 6 kalian akan diajak keliling Prancis. No… not Eiffel, penulis keluar dari pakem setting tempat yang biasa dipuja-puja banyak novel, yakni Eiffel. Kalian akan dibawa ke museum tempat Monalisa terpajang sampai taman-taman kerajaan Prancis yang indah. Deskripsi tempat di novel ini memadai meski deskripsi karakter kurang hidup. Orang asing dalam kehidupan sang tokoh utama datang dan pergi sampai kita akan bingung siapa si A dan si B. Kadang penulis melakukan kesalahan mendeskripsikan seorang karakter bahwa ia blasteran C dan D padahal mereka baru kenal dan tidak menjelaskan darimana ia tahu bahwa ia blasteran C dan D.

Mengenai pembentukan karakter dalam novel ini, sebenarnya tokoh utama Saras sudah cukup hidup. Sayangnya tokoh-tokoh lain belum cukup hidup untuk membentuk masalah dalam hidup Saras. Tokoh yang paling saya sayangkan di sini adalah Vanny. Seharusnya Vanny “dihidupkan” terlebih dahulu sebelum kemudian melakukan pengkhianatan pada Saras sebab dengan demikian adegan pengkhianatan yang Vanny lakukan akan lebih terasa “nyata”.

Sayang seribu sayang, judul novel ini pun tidak merepresentasikan isi cerita. Cinderella in Paris. Konsep Cinderella adalah gadis miskin yang memiliki ibu tiri kemudian ia menikah dengan pangeran. Pada kenyataannya sang tokoh utama, Saras, dia sama sekali bukan Cinderella. Dia bukan gadis buruk rupa, tidak miskin amat, dan juga tidak punya ibu tiri. Saras adalah tipikal gadis petualang yang modern dan globalis.

Novel ini beralur lambat. Cocok bagi kalian yang menyukai drama percintaan dan petualangan. Kaya deskripsi dan tips-tips yang membantu. Buku ini menggunakan diksi ringan yang mana saya merasa bisa menjadi jauh lebih apik jika menggunakan diksi yang lebih memukau.
Contoh, bedakan dua kalimat di bawah ini:
1. Aku ingin mengejarmu, memegangmu dan memeluk tubuhmu erat-erat.
2. Aku ingin meraihmu, menyentuh dan mendekap tubuhmu erat-erat.
Dua kalimat dengan makna serupa namun menimbulkan feel yang berbeda bukan?

Namun overall, ini novel yang bagus untuk ukuran penulis pemula. Penulis dengan buku perdana seperti ini punya potensi menelurkan buku yang jauh lebih bagus dari buku pertamanya. Saya menge-like page dari novel ini di FB dan penulisnya berkata bahwa penjualan buku ini bagus. Syukurlah, semoga bisa naik cetak lagi dan siapa tahu masukan, saran, dan kripik singkong kritik dari saya ini bisa diterima dengan baik.

Yuuk mari yuuk babaiii…

RAYUAN CONGOK: EDISI GENDANG

pict from here
Varian (V): Bapak kamu... pemain gendang ya?

Qisthi (Q): Kenapa? Karena aku sudah menggendang hatimu???

V: Enggak... karena kau telah men-TIMPLAKTIMPLUNG-kan hatiku.

#eeeeaaaaaa

Saya (S): yang tabah ya, Qis...

Salam timplak timplung,

HAPPY IED CEMANS :)


Idul Fitri hari ini seperti biasa, saya makan enak dengan kakak dan adek-adek saya. sungkeman, jalan ke tetangga dan bersilaturahmi, kemudian berbagi angpao. Kebetulan kakak saya sudah kerja dan dia berbagi angpao. Baiknya…


Dan yah, lagi-lagi ada yang tidak bisa hadir di hari yang sepenting ini. lagi-lagi…

dari kiri ke kanan: dodot (my sisy), tik tik (my lil sisy), me, and nonoko (my lil bro)

Well, yeah, saya sangat bahagia dan mensyukuri hari ini. bagaimanapun puasa bulan ini saya penuh kalau seminggu buat si bulan tidak masuk hitungan sih… *digetok sendok sayur*

dan sedihnya lagi karena sedang perawatan, saya ga bisa makan sembarang kalir, padahal kan saya mau makan kucing, eh lidah kucing, castangel, cokelat, keju... hiks hiks...

Akhir kata, cemans-cemans…

tingkah laku saya bisa saja melukai anda, perkataan saya bisa salah, dan penglihatan saya bisa jauh dari sempurna. Namun segenap hati yang paling dalam, saya mengucapkan MAAF atas kesalahan2 saya. semoga dalam indahnya hari Idul Fitri kita meraih FITRAH di mata Allah SWT. amin.

Salam cinta tanpa air mata (eeaaa…)

Monday, August 29, 2011

SUGESTI DIRI

pict from here

hati... bekerjasamalah denganku. mari bersama-sama kita memanipulasi suasana. 
cepat sembuhlah, 
biaya dan waktu yang saya habiskan untuk kamu sudah terlalu banyak. 
Ayo lekas beraktivitas seperti biasa...

SANGAT LELAH


Well, yeah… siapa sangka memaafkan bisa menguras tenaga saya sampai habis tak tersisa seperti ini? Dulu saya pikir memaafkan itu sangat sederhana. Seseorang meminta maaf, kita bilang: ya, saya maafkan… kemudian semua berjalan normal.

Hal yang paling sulit dari memaafkan adalah ketika mereka yang menyakiti kita tidak menyadari tindakannya, tidak meminta maaf, terus melakukannya dan kita berusaha keras untuk menghentikan tindakannya.
pict from here
Yah– saat ini – sedang membangun pondasi diri saya dari awal, kawan-kawan. Banyak yang salah dalam diri saya. banyak yang harus diperbaiki agar tidak “merusak” yang lainnya. Saya tahu itu tampak sederhana, itu hanya pondasi.

Tapi sebuah bangunan tidak akan berarti apa-apa tanpa “pondasi”. Dan untuk memperbaiki “pondasi” tersebut saya harus menurunkan ego saya untuk menghancurkan “bangunan di atasnya” dan memulai lagi dari awal.
Membenahi dari nol.

Hampir setiap malam saya berdoa agar hati saya bisa mengikhlaskan. Agar saya bisa terus berjalan tanpa rasa sakit. Hampir setiap saat saya harap saya bisa jauh lebih kuat, lebih dewasa, dan lebih segala-galanya dari sekarang. Tapi – tentu saja – itu semua tidak bisa datang begitu saja jatuh dari langit, semua butuh proses yang juga sama-sama menyakitkannya.

Saya ingin menjadi lebih kuat. karena dengan demikian saya tidak perlu menggantungkan hidup saya pada lainnya. saya ingin menjadi lebih dewasa agar tidak merepotkan lainnya. saya ingin lebih karena saya merasa saya masih banyak kekurangan. Saya menulis selfnote untuk diri saya sendiri, saya berusaha memperingatkan diri saya sendiri akhir-akhir ini. namun kenyataannya bicara selalu lebih mudah ketimbang menjalankannya. Saya seringkali terjegal di tengah jalan dan bangkit dengan merasa kesepian, sendirian.
Ini…
Sangat…
Melelahkan…
Saya lelah.
Sangat lelah.

Dan, oh, akun FB saya memang sengaja saya kunci. Saya menghindari segala hal gangguan dari luar pada masa perbaikan pondasi ini. Saya hanya membuka kunci FB saya pada teman-teman KKN (untuk masalah rencana pasca KKN) dan juga SATU teman (yang saya rasa secara insting bisa menghibur suasana hati saya yang sedang gelap). Beberapa mungkin menyadarinya KUNCI ini namun mungkin lebih banyak lagi yang tidak menyadarinya. Itu bagus, saya tidak mau mereka mengira, saya menge-block mereka.

Ya… beberapa memang ada yang bertanya apakah saya mengeblok mereka? Dan saya jawab sambil tersenyum:

Maaf ya jangan tersinggung. Ini bukan karna kamu kok… ini tentang “saya sendiri”. Kalau ada apa-apa hubungi saya lewat sms dan message Fb.

Semoga saya masih semangat memperbaiki semua ini. Amin. 

Masih panjang banget nih jalan saya... *menyeka keringat*

Saturday, August 27, 2011

MEMAAFKAN

pict from here
Memaafkan adalah memberi ruang bagi hati kita untuk menyembuhkan luka-lukanya.
Sebab, sebenarnya, hati manusia cukup kuat menanggung rasa sakit pun terlalu lemah untuk memelihara kebencian.

(Annesya, 2011)

PS. memaafkan dalam segi psikologis, baca di sini :)

MANTAN-ORANG-YANG-KAUSAYANGI


pict from here

Jangan pernah berusaha melupakan mantan-orang-yang-kausayangi sebab otak manusia bukan komputer yang bisa menghilangkan memori semudah menginstall ulang komputer. Dan hati manusia juga bukan buku yang bisa dengan mudahnya dibuang, hilang.

Jangan pernah berusaha melupakan mantan-orang-yang-kausayangi sebab semakin kamu mencoba, semakin kamu terperangkap dalam kenangan bersamanya.

Taruh ia dalam kotak di dasar hatimu dan biarkan waktu menguburnya bersama kenangan-kenangan yang lain.    


(Eranita, 2010, single gak happy, pekerjaan dokter gigi)

Friday, August 26, 2011

LIKE AN ARTIST



saya menemukan gambar ini di sini,

TITLE: LIKE AN ARTIST BY Ida Eva Margrethe Neverdahl.


It's really amazed me. thanks Ida for the inspiring pict you create... :)
wish you all the best.




Thursday, August 25, 2011

MENATA HATI

pict from here
Kamu boleh lari, kamu boleh sembunyi dari masalahmu. Asal dalam pelarian dan persembunyianmu, kamu MENATA HATI untuk menghadapi masalah tersebut.

(Annesya, 2011)

Wednesday, August 24, 2011

STOP FOR A MINUTE AND SMILE

Kalian ingat masa ketika kita pertama kali ditempatkan?  Um, bukan, tepatnya… “ditakdirkan” untuk bersama dalam satu ruang pembelajaran? IPA5.

Kita yang berbeda. Kita yang tidak sepaham. Kita yang berusaha menyelaraskan pemikiran di antara kita. Semua itu adalah proses pembelajaran yang berarti.

Kalian ingat masa ketika kita bersama dalam keseharian? Menghabiskan waktu bersama dalam mengisi hari-hari membosankan dalam hidup kita dengan bermain, jalan-jalan, dan berbincang tak tentu arah. Permainan sepak bola yang heboh, permainan bola basket yang bodoh di bawah derasnya hujan, dan bersama membicarakan tentang cinta dan masa depan.

Kalian ingat masa ketika kita saling bertengkar satu sama lain hanya karena masalah sepele? Urusan cinta, persahabatan dan prinsip (meminjam istilah Udin) tak kan pernah habis dibicarakan dalam rentang 3 tahun kita bersama. Pertengkaran membuat memori itu terus membekas, setidaknya bagi saya seperti itu.

Kalian ingat masa ketika kebersamaan kita harus berakhir? Semua menangis dan tertawa. Saatnya kita berpisah memilih jalan hidup masing-masing. Semua merasa sedih sekaligus bahagia. Sebuah perpisahan adalah masa evaluasi yang mengingatkan kita seberapa besar memori yang baru saja terlewatkan. Terlewatkan atau mungkin… terciptakan di antara kita.

Beberapa mungkin ingat, dan beberapa lainnya mungkin lupa akan kenangan-kenangan masa SMA kita. Namun saya hanya ingin menyampaikan pada kalian:

Dulur, masa-masa itu pernah terjadi dan membentuk pribadi kita yang sekarang. Masa-masa itu bukan mimpi yang akan hilang begitu kita terbangun. Dan dulur… masa-masa itu ditakdirkan untuk kita jalani bersama-sama selama tiga tahun berturut-turut. Bukankah kita sangat beruntung?

Akankah kita lewati masa itu begitu saja dan bersikap seakan semuanya tidak pernah terjadi? Masa yang membawa kita pada jalan hidup kita masing-masing seperti sekarang? Sudah jadi apa kalian sekarang saat ini, dokter? Teknisi? Akademisi? Medisian? Bisnisman? PNS?

Dulur, adakah yang salah dengan berhenti sejenak dari aktivitas rutin kalian dan menengok ke belakang? Mari menghentikan langkah kalian sehari dan mencari tahu apa yang terjadi pada dulur-dulur kita lainnya. Mari merayakan mereka yang berhasil dalam hidup mereka dan mari menyemangati mereka yang terjegal dan jatuh.

Dulur, keluarga boleh tinggal terpisah dan memilih jalan hidup masing-masing. Tapi dulur itu harusnya bersama dalam suka dan duka kan? Ayo, dulur, kita usahakan reuni kita. Luangkan sedikit waktu kita untuk mengetahui kabar dulur-dulur kita lainnya.

Kita pernah “ditakdirkan” bersama dalam duka dan suka. Pasti ada yang direncanakan Allah SWT ketika ia menakdirkan kita demikian.

Mari kita mencaritahu di reuni ELSAVE tahun ini,
tanggal 3, di basecamp kita biasanya, Ratna.

kebersamaan dalam perbedaan
bersama dalam tawa bodoh ceria
Masa itu pernah ada, dulur, mari kita kenang sejenak untuk kemudian menjalani keseharian kita dengan senyum berkembang.


Peluk hangat dari calon artissss,

JANGAN BERSEDIH

pict random by google, not mine


Jangan bersedih…
Karena sesungguhnya PENGKHIANATAN yang kaualami adalah teguran agar kau tidak lebih mempercayai siapapun melebihi-Nya, Dzat Pencipta Semesta.
Bahwa kemudian sebaiknya kau tidak mencintai lainnya lebih dari kepada-Nya, jika tidak ingin terluka lagi.
Bahwa segala hal yang kau dapatkan…
bukan milikmu dari awal sekalipun…
lepaskan…
ikhlaskan…

(Annesya, 2011) 


Tuesday, August 23, 2011

Mata Rantai: YAOI, NOVEL, SYAHRINI, DAN WIDHI VIERA


Gue pikir gue ini Fujo but in the end I know for sure that I’m not.

Pertama kali dikasih referensi komik bagus – yang ternyata YAOI – oleh Frey, saya suka banget sama komik itu karena ceritanya bagus dan mendalam. Gambarannya juga sangat mendukung, cowoknya ganteng-ganteng. Setelah menamatkan membaca dan mendonlut manga tersebut melalui mangatraders saya menanyai komik bagus lainnya. Dalam fikiran saya semua YAOI pasti bagus.

Dia kasih lagi. Saya baca, ternyata saya ga suka. Saya tanya lainnya. Saya baca dan ga suka lagi. Begitu terus sampai jatuhlah saya pada suatu kesadaran (uhum) kalau sebenernya saya bukan Fujoshi. Saya hanya kebetulan menyukai satu dan dua dari genre manga YAOI.

Yup, seperti halnya novel, manga juga punya genre. Dan seperti kebanyak genre, tidak semua novel dengan genre serupa itu bagus atau jelek. Teenlit misalnya, ada teenlit yang bagus dan ada juga yang ga bagus kan? Novel tentang romance juga ga semuanya bagus, ada juga yang ga begitu bagus.

So, apa yang ingin saya sampaikan di sini adalah… guys, jangan menilai sesuatu dari pandangan luarnya saja. Dalami dan baru nilai baik-baik. Jangan mentang-mentang ada novel genre teenlit terus langsung dianggap ga oke. Jangan mentang-mentang ada novel yang terbitan penerbit terkenal, terus dianggap bagus. Sering banget lho ada penerbit gede, yang entah kenapa, bisa nerbitin novel sampah ga begitu berkualitas.

Seperti halnya saya yang ga suka banget sama Widhi Viera. Saya ga suka karena suaranya sampah abis agak kurang merdu tapi pedenya selangit. Tapi, secara objektif, biarpun suaranya sampah, saya bisa bilang kalo selera fashion Widhi itu keren. And one for sure, gue yakin, seandainya kalo Widhi akhirnya bisa mengolah vocalnya dengan lebih baik (seperti janjinya Kevin Viera di berita-berita entertainment geto dweh) saya kayaknya juga bakal suka dia. Suer deh… saya tunggu janjinya, guys…

Dulu, gue juga ga suka sama Syahrini (well, gue tahu, Syahrini juga ga suka sama gue. Sapa lah guweeeh -_-“) soalnya lagunya gaje (coba inget-inget lagi lagunya yang My Lovely, Bohong, dll, dsb), kalo nyanyi di tivi badannya meluntir-meluntir ke sana kemari. Rambutnya gebak gebek ga jelas. Pokoknya saya pusing lihat dia pamer badan ke mana-mana. But know, I love her, suaranya enak, seksi, dan keren. Selera fashionnya juga oke sampai banyak ditiru artis-artis lainnya. Baju yang dia pilih cerdas, dia menutupi kekurangan (tubuh pendeknya) dan menonjolkan kelebihannya (pinggangnya yang kecil).

Selalu ada maaf bagi mereka yang berbakat dan berusaha lebih keras dalam memperbaiki diri 
– itu motto saya.

Intinya, ini tulisan adalah gerundelan saya yang campur aduk antara manga, novel, dan artis inpotainmen. Dari pemakaian kata ganti orang pertama aja udah keliatan banget kan kalau gue ini lagi gak bener -__-? (pakai I, pakai saya, dan pakai guweh). Ini adalah tulisan asal tulis. Bersifat subjektif dan tidak perlu dimasukkan di hati. Tapi masukkan ke otak aja. Bwehehew…

Well, I’m just a human… #play: Only a Human-OST one liters of tears# 
Open your eyes, guys, open your ears, and then open your heart. World is limitless...

pict from here


just smile ya guys :),

Sunday, August 21, 2011

SHIT HAPPEN #DRAFT

pict from here

Ce: Well, sometime shit happen. Like... when I meeting you. you're the stinkiest shit I've ever met!
Co: Are you sure?
Ce: pretty sure.
Co: so why you're here with me now?
Ce: guess what? you're the stinkiest shit I love the most.
Co: that's nice. thanks.
Ce: *slap hard*

take a smile, guys :)

SEDERHANA

sebuah file jpeg tersimpan di laptop, random by google
Kasih…
Dalam putaran kalender Masehi,
Saya ingin kamu ada di sisi, menjaga, menemani.

Kasih,
Dalam masa rotasi bumi pada matahari,
Langit dan bumi berkelahi, kemudian siang dan malam memutuskan tuk berbagi,
berharap cintamu abadi, tak terbagi,
lagi dan lagi.

kasih…
dalam pola revolusi jagad raya dan ledakan galaksi, bintang-bintang lalai, menabrakkan diri,
hancur lebur jadi debu, melayang layang di hampa waktu.

dan masih saya…
ingin meyakinkanmu, cinta kita, nyata adanya, tak berubah.
Sederhana saja.

15 agustus,
di lorong poli onkologi RS dr Soetomo Surbaya

Saturday, August 20, 2011

I'M A SLUT: KETIKA SESEORANG MENGATAI SAYA BEGITU

pict from here
Ketika membaca postingan dari Lia – seorang maba baru yang memperjuangkan untuk menjadi dirinya sendiri di tengah lingkungan baru perkuliahan – saya jadi tersenyum sendiri mengingat pengalaman saya yang hampir serupa dengannya.

Sama dengan Lia, saya telat masuk kuliah satu tahun. Jadi saya lulusan tahun 2007 namun saya masuk kuliah di angkatan 2008. Kenapa bisa begitu? pada tahun 2007 perekonomian keluarga saya sedang tidak begitu baik jadi saya hanya bisa berusaha mencicipi bangku kuliah melalui satu-satunya jalur termurah, yakni SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Well, waktu itu namanya masih SPMB kan?

Dan ternyata saya gagal dan saya gigit jari karena menganggur di rumah selama setahun. Sewaktu SMA saya memang tidak terlalu pintar (kalau tidak tega menyebutnya bodoh). Saya kelelahan kerja sambil sekolah dan mengikuti beragam lomba dengan niat mencari tambahan uang sangu. Alhamdulilah saya betah kerja selama 1,5 tahun sambil sekolah dan karena kenekatan saya ikut banyak karya ilmiah, saya bisa mencicipi kemenangan tingkat nasional walaupun hanya sampai 10 besar. Namun setiap pilihan selalu menghasilkan resiko yang harus saya terima, saya RANGKING PERTAMA DARI BELAKANG di kelas saya. 

Jadi selama setahun saya menganggur. Itu penderitaan bagi saya, ketika harus menganggur, rasaya hidup jadi ga guna. Alhamdulilah tahun depannya ada dua jalan masuk yakni SNM-PTN dan SPMB. Yang pertama saya masuk SNM-PTN dan keterima di sastra inggris UNJ (universitas negeri Jakarta). Namun setelah melihat biaya masuk dan spp, saya terpaksa mundur dan (lagi-lagi) hanya mengandalkan SPMB – kejadian tahun kemarin berulang.

Subhanallah, saya masuk UNAIR jurusan Hubungan Internasional, padahal saat itu mereka hanya membuka 30 kursi saja. God, siapa sangka di tahun itu HI menjadi jurusan IPS nomor 1 di UNAIR (mengalahkan akutansi) dan saya bisa masuk? Beruntung sekali kan saya? *cipok Allah*. Tambah pengen nyipok Allah begitu tahu biaya masuk cuma 1,5juta dan SPP cuma 630ribu. Apa ini? kuliah apa ini kok murah tenan? *joget india* Ga rugi saya nolak Sastra Inggris UNJ deh. *sujud syukur* saya bener-bener beruntung…

Kalau kalian pikir penerimaanmu di Universitas idaman adalah akhir dari perjalananmu, kamu salah besar, guys. Jalan masih pajang membentang, jalan penderitaanmu maksudnya. Ckuku *evil grin* Saya masih menghadapi senioritas yang kental. Banyak cerita, banyak tantangan, dan banyak permusuhan. Untuk ukuran anak HI yang suka bersosialisasi, saya ini masuk kategori antisosial. Ya iyalah, anak HI itu suka aktivitas grup, eh saya setiap diajak hang out malah kabur.

Yang paling tidak bisa dilupakan adalah ketika suatu ketika saya menjadi ketua kelompok dalam mata pelajaran PLNRI (Politik Luar Negeri Republik Indonesia). Dalam HI, sebuah kelompok akan dicampur aduk antara satu tingkat dengan tingkat lainnya untuk melatih kepemimpinan dan koordinasi. Bahkan kalau ada yang tidak mengerjakan sekalipun, dosen dan asisten dosen nggak mau dengar, menurut mereka, itu resiko dari pekerjaan kelompok, kamu harus digembleng agar bisa mengkoordinasi semua anggotamu untuk hasil yang maksimal.

Saya dikenal adalah orang yang tidak suka kumpul-kumpul namun memiliki kinerja yang efektif dan efisien. Setiap anak saya bagi bagian kerja dan hasil kerja mereka saya minta untuk dikirimkan lewat email pada batas waktu tertentu untuk kemudian saya edit dan saya teliti dan saya tambahi blablabla. Masalah teknis membosankan ini saya lewati saja.

Kemudian ada dua kakak kelas yang suka tidak mengerjakan tugas kelompok. Salah satunya bilang akan mengirimkan tugas namun telat karena bilang sedang sibuk. Saya bersikeras dia harus tepat waktu karena tahu ia bohong (yep, saya orangnya disiplin kalau mengenai tugas kelompok). Dia alasan sedang akan presentasi mata kuliah A, padahal saya tahu masih dua minggu lagi dia presentasi, wong saya juga ambil mata kuliah A juga. Akhirnya kami adu mulut lewat sms sampai malam hari. Yang diakhiri dengan saya bersikeras ia mengirimkan bagian tugasnya ke saya malam itu juga.

Saya kemudian menunggu email dari dia dan masuklah email itu dengan alamat email:

deva_perek@bispak.com →FYI, bispak adalah singkatan dari “bisa pakai”
Dengan subjek : bahan presentasi PLNRI

Saya buka dengan mata mbrabak… dan eeeaa… link video porno tersaji hangat dan ga ada bahan materi presentasi yang ia kirimkan. Saya sudah nangis malam itu, ingusan, dan teman saya, Renny, mengepuk-epuk punggung saya. Saya, bagaimanapun, adalah perempuan. Baru pertama kali ini saya dikatain perek dan harga diri saya terluka oleh teror yang ia lakukan.

Saya kenal dengan kakak kelasa saya itu namun dia tidak kenal saya. Perawakannya tinggi, besar, gendut, dengan rambut keriting gondrong. Biasanya teman-teman seangkatannya pun ga berani dan malas berurusan dengan dia perihal tugas kelompok. Makanya dia kesel banget harus berurusan dengan adek kelas SOK macam saya. Setelah puas nangis. Saya ngelap ingus dan kembali menyelesaikan tugas kelompok yang berupa paper 15 halaman dan presentasi. Besok saya akan ketemu muka langsung dengan kakak kelas saya tersebut dan saya tidak mau terlihat “kalah”.

Besoknya saya sengaja memakai pakaian yang sedikit terbuka. Saya pakai celana pensil, tank top putih, dan jaket ketat yang bagian atas risletingnya saya buka agar terlihat seksi. Lalu memakai high heel. Soal riasan saya memang NOL, jadi saya tetep cuma pakai bedak dan lip gloss -__-. Maksud saya adalah: kan saya dikatain perek sama dia, jadi kalaupun saya perek, saya maunya jadi perek yang seksi dan cerdas… *ehen*

Presentasi dimulai dan si kakak kelas telat datang.
Di tengah presentasi dia datang dan saya lah yang datang mendekati dia, mengaajaknya ngobrol dengan senyum mengembang, dan dengan ramah menanyakan soal presentasi yang akan ia tambahkan. Dia balas menjawab karena tidak mengenali saya. Dia sepertinya sudah pede bakal menemukan saya nangis bombay meminta maaf padanya seperti adek-adek kelas kebanyakan yang ia perlakukan demikian. Sorry dory stobery kak… kamu ga bakal mendapatkan itu dari saya. Saya lebih kuat dari penampilan saya yang kecil, kurus, pendek, putih dan imut → bagi ember satu2 ke pembaca, selamat muntah.

Di tengah presentasi, nama saya disebut, dan air mukanya berubah seketika. Dia baru sadar bahwa sayalah si perek itu. Dan mukanya kecut seketika. Melihatnya begitu, saya jadi menahan senyum kemenangan.

Dia mengecek nama di paper untuk mencari namanya tercantum atau tidak. Dia tidak berani menanyakan langsung ke saya. dan saya masih senyam senyum bak miss Universe. Paper yang saya bagikan ke kelompok saya memang sengaja tidak saya tulis nama anggota kelompoknya supaya dia galau apakah namanya dicantumkan atau tidak. namun khusus paper yang saya serahkan ke asdos, saya sudah cantumkan nama anggota kelompok saya, dan – of course – namanya tidak saya cantuman.

Life is cruel, guys… just hang on… *senyum*

Minggu selanjutnya, ia tidak pernah telat mengirimkan tugasnya. Dan atas nama keprofesionalitasan, namanya pun saya cantumkan. Urusan pribadi dan professional harus dipisahkan guys, kita harus adil dengan semua orang walaupun itu “musuh kita”.

Sejujurnya bukan hal mudah bagi saya melakukan itu, saya juga menangis, saya juga terluka, saya cuma cewek biasa yang bakal nangis kalau disakiti. Tapi kadang hidup menawarkan opsi “yang bukan diri kita” untuk bertahan. Saran saya, jangan takut untuk mengambil opsi tersebut, jangan takut dibenci oleh orang lain hanya karena kamu ingin menjadi lebih baik.

Kita nggak akan bisa membuat seluruh orang di dunia menyukai kita.

Dan kejadian seperti ini masih berlangsung di semester-semester selanjutnya. Tapi biasanya kakak kelas yang saya marahi, cuma langsung mengeblok FB-nya dari saya, dan ga berani ngobrol sama saya. khukhukhu…

Cewek itu memang lemah… tapi bukankah kelemahan  itu adalah letak kekuatannya? Saya bersyukur terlahir sebagai cewek.
*ini cerita mabaku, mana cerita mabamu?*


Keep fighting, guys! *big smile*

Friday, August 19, 2011

Lomba Cipta Cerpen Pemuda 2011


sumber: http://ceritauly.blogspot.com/2011/08/lomba-cipta-cerpen-pemuda-2011.html

Tema: “Ketika Pemuda Membangun Masyarakatnya”


Ketentuan Lomba

  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (P/L) dari unsur Pelajar, Mahasiswa dan Pemuda Umum berusia 16-30 tahun.
  2. Penulisan cerpen dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  3. Cerpen diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12, spasi 1 ½, maksimal 20 halaman kwarto.
  4. Peserta bebas menulis cerpen dengan judul apa saja, namun isi cerpen berkaitan dengan tema lomba.
  5. Isi cerpen tidak mendiskreditkan SARA, gender dan tidak melanggar UU pornografi atau perundang-undangan lainnya.
  6. Cerpen yang diikutkan lomba adalah karya yang belum pernah dipublikasikan di manapun dan dalam bentuk apapun.
  7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 judul cerpen dari karya terbaiknya.
  8. Melampirkan biografi singkat maksimal 1 halaman, fotokopi KTP, dan mencantumkan nomor kontak aktif (rumah, kantor atau handphone) yang bisa dihubungi.
  9. Melampirkan fotokopi buku tabungan atas nama peserta dan NPWP pribadi (hadiah akan ditransfer langsung ke rekening pemenang).
  10. Batas terakhir penerimaan naskah cerpen dan lampirannya pada Jum’at, 10 September 2011.
  11. Naskah cerpen yang sudah dikirim menjadi hak panitia dan tidak dikembalikan oleh panitia.
  12. Dewan juri memutuskan 20 cerpen sebagai nominator. 20 cerpen tersebut akan dibukukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI bekerjasama dengan Yayasan Dayamuda Nusantara (Yadanu) dan Penerbit Auracitra. Dari 20 cerpen nominator, dewan juri memilih 3 pemenang dan 3 pemenang harapan. 14 tersisa tetap disebut sebagai nominator.
  13. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat oleh pihak manapun.
  14. Dewan juri berhak membatalkan keputusannya, jika di kemudian hari diketahui karya pemenang lomba melanggar karya cipta orang lain (plagiat) atau mengikuti lomba sejenis atau telah dimuat di koran/majalah.
  15. Hak cipta tetap ada pada penulis, sedangkan panitia hanya memiliki hak untuk mempublikasikan dalam bentuk buku kumpulan cerpen.

Alamat Pengiriman Naskah Cerpen
Pengiriman via pos:
Panitia Lomba Cipta Cerpen Pemuda 2011
Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda
Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda
Kementerian Pemuda dan Olahraga RI
Jalan Gerbang Pemuda No. 3, Senayan, Jakarta
Pengiriman via email:
yadanu@ymail.com

Jadwal Pengumuman Dewan Juri
Jum’at, 30 September 2011
Pengumuman dapat dilihat di www.kemenpora.go.id


Hadiah Pemenang
  1. Tiga pemenang akan mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam penghargaan, buku kumpulan cerpen dan uang tunai sebesar:
    Juara I : Rp. 7.000.000,-
    Juara II : Rp. 6.000.000,-
    Juara III : Rp. 5.000.000,-
  2. Tiga pemenang harapan akan mendapatkan hadiah berupa piagam penghargaan, buku kumpulan cerpen dan uang tunai sebesar:
    Juara I : Rp. 3.000.000,-
    Juara II : Rp. 2.000.000,-
    Juara III : Rp. 1.000.000,-
  3. Empatbelas nominator akan mendapatkan piagam penghargaan dan buku kumpulan cerpen.
  4. Total hadiah uang tunai sebesar Rp. 24.000.000,- 5. Hadiah uang tunai tersebut di atas belum termasuk pajak .

Lomba Menulis Cerpen Remaja (LMCR) 2011. Hadiah Total Rp 95 Juta!

Lomba Menulis Cerpen Remaja (LMCR) 2011. Hadiah Total Rp 95 Juta! Jasa Website Instant @ http://www.JawaraShop.com
SYARAT LOMBA
  1. Lomba ini terbuka untuk semua kalangan dari seluruh Indonesia atau mereka yang sedang studi/bertugas di luar negeri
    • Kategori A : Pelajar SLTP
    • Kategori B : Pelajar SLTA
    • Kategori C : Mahasiswa/Guru/Umum
  2. Lomba dibuka  21 April 2011 dan ditutup 21 September 2011 (stempel pos)
  3. Tema Cerita: Dunia remaja dan segala aspek serta aneka rona kehidupannya (cinta, kebahagiaan, kepedihan, kekecewaan,  harapan, kegagalan, cita-cita, persahabatan, pengalaman unik, petulangan  maupun perjuangan hidup)
  4. Judul bebas, tetapi mengacu pada tema Butir 3
  5. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul.
  6. Judul boleh menggunakan bahasa asing
  7. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik, benar dan indah (literer). Bahasa daerah, bahasa prokem, bahasa gaul dan bahasa asing boleh digunakan untuk dialog (bukan narasi)
  8. Naskah yang dilombakan harus asli, bukan jiplakan dan belum pernah dipublikasikan
Jual HDY Baby Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com
KETENTUAN NASKAH
  1. Ditulis di atas kertas ukuran kuarto atau A-4, ditik berjarak spasi 1,5 spasi, huruf 12 font Times New Roman, margin kiri-kanan rata maksimal 3Cm
  2. Panjang naskah 6 (enam) – 10 (sepuluh) halaman, diprint 3 (tiga) rangkap (copy) disertai file dalam CD
  3. Naskah disertai sinopsis, biodata singkat pengarang dan foto dalam pose bebas ukuran postcard.
  4. Lampiran lainnya: Fotocopy KTP/SIM atau Kartu Pelajar/Mahasiswa  dan Kartu Keluarga (pilih salah satu)
  5. Setiap judul naskah yang dilombakan wajib dilampiri 1 (satu) kemasan LIP ICE jenis atau saja atau segel SELSUN jenis apa saja
  6. Naskah yang dilombakan beserta lampirannya dimasukkan ke dalam amplop tertutup, cantumkan tulisan PESERTA LMCR-2011 sesuai dengan kategorinya pada bagian kanan atas amplop
Jasa Website Instant @ http://www.JawaraShop.com
ALAMAT PANITIA
Naskah dan persyaratan dikirim ke alamat:
Panitia LMCR-2011 ROHTO-MENTHOLATUM  GOLDEN AWARD
Jalan Gunung Pancar No.25 Bukit Golf Hijau, Sentul City
Bogor 16810, Jawa Barat
Jual Sandal Nama, Unik dan Lucu @ http://JawaraShop.com
KETENTUAN LOMBA
  • Hasil lomba diumumkan  15 Oktober 2011 melalui website:www.rayakultura.net dan www.rohto.co.id
  • Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mengikat
  • Naskah yang masuk ke Kotak Pos  Panitia LMCR-2011 menjadi milik PT ROHTO, hak cipta milik pengarangnya
  • Informasi lebih lanjut silakan e-mail ke: lmcr.kelima@gmail.com
  • Pajak hadiah para pemenang ditanggung PT ROHTO Laboratories Indonesia
Jual HDY Baby Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com
HADIAH UNTUK PARA PEMENANG
Kategori A (Pelajar SLTP)
  • Pemenang I  – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
  • Pemenang II  – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • Pemenang III – Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 5 (lima) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 15 (lima belas) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1 (satu) Unit TV
Kategori B (Pelajar SLTA)
  • Pemenang I – Uang Tunai Rp 5.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
  • Pemenang II – Uang Tunai  Rp 4.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • Pemenang III – Uang Tunai Rp 3.000.000,-  + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 5 (lima) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Uang Tunai  Rp 1.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 15 (lima belas) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 50 (lima puluh) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1(satu) Unit TV
Kategori C (Mahasiswa/Guru/Umum)
  • Pemenang I – Uang Tunai  Rp 7.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
  • Pemenang II – Uang Tunai Rp 6.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • Pemenang III – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.500.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 20 (dua puluh)  Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dariPT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
  • 200 (dua ratus) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
Seluruh pemenang mendapat Antologi LMCR-2011 dan Buku TELAGA INSPIRASI MENULIS FIKSI karya Naning Pranoto
Sumber : Annida

Sayembara Cerpen & Cerber Femina 2011

sumber dari: http://ceritauly.blogspot.com/2011/08/sayembara-cerpen-cerber-femina-2011.html
Femina kembali mengundang Anda --para penulis fiksi hebat-- untuk ikut serta dalam Sayembara Cerpen & Cerber femina. Tantang daya cipta Anda untuk menjadi penulis terkenal sekaligus membawa pulang total hadiah Rp44 juta!


Hadiah Sayembara Cerpen*
Pemenang I : Rp6.000.000
Pemenang II : Rp4.000.000
Pemenang III : Rp3.000.000

Hadiah Sayembara Cerber*
Pemenang I : Rp15.000.000
Pemenang II : Rp9.000.000
Pemenang III : Rp7.000.000

*Hadiah dikenakan pajak 5% (dengan NPWP) atau 6% (tanpa NPWP)

Syarat Umum Sayembara Cerpen & Cerber
  • Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
  • Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, menggunakan ejaan yang disempurnakan.
  • Naskah harus karya asli, bukan terjemahan.
  • Tema bebas, namun sesuai untuk majalah femina.
  • Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik dan onlinedan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.
  • Peserta hanya boleh mengirim 2 naskah terbaiknya.
  • Hak untuk menyiarkannya di media online ada pada PT Gaya Favorit Press.
  • Redaksi berhak mengganti judul dan menyunting tanpa mengubah isi.
  • Naskah yang tidak menang, namun memenuhi syarat, akan dimuat di femina.
  • Penulis akan mendapat honor sesuai standar femina.
  • Keputusan juri mengikat. Tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada surat-menyurat.
  • Lomba ini tertutup untuk karyawan Femina Group.
  • Naskah dikirim ke Redaksi femina, Jl. H.R. Rasuna Said Kav B Blok 32-33, Kuningan, Jakarta Selatan, 12910.

Syarat Khusus Cerpen:
  • Diketik dengan komputer di atas kertas HVS kuarto dengan jarak dua spasi.
  • Font Arial ukuran 12.
  • Panjang naskah 6-8 halaman, dan dikirim sebanyak dua rangkap disertai 1 (satu) CD berisi naskah.
  • Naskah dilampiri formulir asli dan fotokopi KTP.
  • Pada amplop kiri atas ditulis: Sayembara Mengarang Cerpen femina 2011.
  • Naskah ditunggu selambat-lambatnya 15 September 2011.
  • Pemenang akan diumumkan di majalah femina yang terbit pada bulan November 2011.
  • Karya pemenang utama akan dimuat di femina edisi tahunan 2012.

Syarat Khusus Cerber:
  • Diketik dengan komputer di atas kertas HVS kuarto dengan jarak dua spasi.
  • Font Arial ukuran 12.
  • Panjang naskah antara 40-50 halaman.
  • Dijilid dan dikirim sebanyak dua rangkap, disertai 1 (satu) CD berisi naskah.
  • Naskah dilampiri formulir asli, fotokopi KTP, dan sinopsis cerita.
  • Pada amplop kiri atas ditulis: Sayembara Mengarang Cerber femina 2011.
  • Naskah ditunggu selambat-lambatnya 30 November 2011.

Follower