TENTANG SI CHIMER

Sunday, September 18, 2011

NAMA PENA/NAMA KEREN/NAMA SAMARAN: DON’T MAKE ME LAUGH


Suatu ketika saya masuk ke grup kepenulisan, di sana membicarakan tentang kenapa seseorang menggunakan nama pena/ nama beken/ nama samaran dalam karya-karya/ buku mereka.
Berikut beberapa jawaban mereka:

1. karena nama asli kurang komersil: nama pena lebih oke dan mudah diingat
2. karena nama pena disesuaikan nama penulis dengan genre tulisannya
3. karena ingin membedakan dunia nyata dengan dunia kepenulisan
4. karena pengen aja
5. ikut-ikutan aja, lagi trend begitu
6. pengen dipanggil begitu dari dulu
7. karena ga pengen populer, ga mau dipuji-puji, ga pengen jadi artis, saya cuma mau nulis.
8. supaya orang penasaran, trus nyari nama aslinya, jadi ga semua orang tahu nama kita. Cuma yang bener-bener ngefans aja yang tahu identitas asli saya.

Ada begitu banyak alasan mengapa seseorang menggunakan nama samaran/ nama pena/ nama beken dalam karya-karya mereka dan saya adalah tipe orang yang menerima perbedaan pendapat. Saya menghargai pendapat-pendapat mereka.

Namun alasan yang nomor 7 itu benar-benar membuat saya tertawa. Tertawa sinis tepatnya. Saya berpikir, kalau ga mau terkenal, ya ga usah nulis, ga usah nerbitin buku. Kok saya bisa sinis begitu sih? Bisa dong… kan bakat

Begini, menulis dan kepopuleran itu dua hal yang tak terpisahkan, ibaratnya dua sisi gambar dalam koin. Semakin terkenal tulisanmu semakin populer juga dirimu, ga peduli mau pakai nama samaran atau tidak, kamu tetap diharuskan memperkenalkan dirimu pada publik.

Lucu aja gitu, ada orang pengen tulisannya ditebitkan tapi nggak mau jadi terkenal. Itu kekanak-kanakan, itu sudah resiko yang harus diambil. Kalau tulisanmu bagus, kamu akan dipuji dan kalau tulisanmu jelek, ya bakal dicincang. Sederhana saja lah. Pengen tulisan diterbitkan tapi ga mau terkenal itu sama artinya pengen jadi penyanyi tapi ga pengen terkenal. Lah terus apa maumu naaaak?

Segala pilihan dalam hidup itu selalu ada resikonya. Kamu ga bisa ambil enaknya saja lalu buang ga enaknya. Yang realistis dikit.

Lihat saja penulis terkenal yang pakai nama beken/ nama pena/ nama samara seperti Dewi Lestari, Tere Liye, Clara Ng, Mira W, Marga T. Itu semua penulis yang pakai nama “ga asli” tapi toh identitas mereka kebuka juga karna karya-karya mereka yang fenomenal. Jadi ga usah sok-sok an pakai nama samaran dengan alasan “gamau terkenal”. Kalau tulisanmu bagus, ya kamu bakal terkenal dengan sendirinya toh, bakal dicari-cari, bakal dikritik, bakal dipuji, dan blablabla. Kalau pengen ga terkenal, ya gausah diterbitin tulisannya.

Beres…

Kamu boleh bilang alasan apapun tentang memakai nama samaran dalam kepenulisan, but please (kalau di depan saya) jangan sebut alasan yang ketujuh, karna saya bakal ketawa.

Itu kenapa SAYA PAKAI NAMA ASLI SAYA dalam kepenulisan dan beberapa teman sempat mempertanyakan kenapa saya tidak pakai nama samaran saja? Saya biasanya jawab:

Pertama, itu mempermudah urusan pembayaran dan kontrak dan blablabla, saya gamau rempong.
Kedua, saya mau menerima “resiko” saya dengan wajah tegak dan tersenyum.
KETIGA, MAU PAKAI NAMA KEREN GIMANA LAGI, WONG NAMA SAYA SUDAH KEREN BEGINI….

HAIYAAAAAAAAAAAAAAAAT!!!!

*dicakar orang sekampung*
*diguyur air panas*
*dikubur hidup2*
promosi dikit ah
novel saya, bisa pesan langsung di saya (kalau mau orangnya tanda tangannya sekalian) atau bisa dicari sendiri di toko buku.
harganya murah, cuma sekitar 23-28ribu

Guys, ini hanya gerundelan saya, kalian boleh punya pendapat yang lain. Tidak ada yang ngelarang. Ya iyelah, sapa gue gituuu??? 

Salam no offense,

19 comments:

  1. Wah annesya keren #gak usah panggil kak yee :D

    Ternyata udah nulis buku :)
    Great ! good job :)
    komedi romance ya?
    Wahh jadi iri nih :D kapan yak bisa nulis buku juga.huhu #kebelet nulis

    Btw soal nama pena.
    Hmm ada beberapa orang juga loh yang pake nama pena karena tulisannya agak berbahaya.
    Karena dalam tulisannya trlalu mengkritik atau mengorek hal2 yang tidak pernah dibahas di media.

    Sukses yah nes \(^^)/

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. eh, eh...bentar toh. itu dewi lestari nama aslinya siapa, Nes? baru tau aku kalo itu samaran :D

    ReplyDelete
  4. nama kamu emang udah bagus dan komersil, sayang klo diganti2 lagi :P

    ReplyDelete
  5. wehehe itu bama asinya deviana annesya ya teteh? hehe

    ReplyDelete
  6. kalo saya pake nama pena,sekonyong konyong takut dibilang sombong."mentang2 namanya bagus g mau pake nama pena.." ya jadi semacam terpaxa.

    tapi..itu hak masing2 kan?

    ReplyDelete
  7. kalo saya tetap nyaman dg nama samaran. hehee...

    ReplyDelete
  8. pake Nama kakak aja udah bagus kok, aku aja masih tetap inget :D Hehe

    ReplyDelete
  9. WAAH.gue juga pgn pake nama pena..tp msh bingung MUMUN PEREZ atau MAEMUNAH PERSIK ya -__-

    ReplyDelete
  10. annesya udah bagus jadi gak usah di ganti2:D
    terusin ya bakat nulisnya, wish u luck;)

    ReplyDelete
  11. Saya punya ide. Gimana kalo nama penanya ini aja: "Heart Chimes". ^^

    ReplyDelete
  12. uchank: iyah beragam alasan. tapi kalo ngmong gamau terkenal itu (menurutku) lucu...

    m rona: maksud saya dewi dee lestari haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi annesya,nama ku nevio,panggil aja pio..bleh aku mintak alamat Email kamu?

      Delete
  13. hehe.. tapi ada lho yang memang ga mau diketahui publik. contohnya ilana tan, sampai skrg ga tau dia siapa sebenernya. :D

    ReplyDelete
  14. wahh googling nama pena, eh nyangkut di sini :D

    ReplyDelete
  15. dan terima kasih buat mbak annesya yang udah bantu nemu nama pena saya :D Andaka Pramadya :D

    ReplyDelete
  16. Kalo ARDHIAN ALAMSYAH bagusnya apaan yak?

    ReplyDelete
  17. Kalo ARDHIAN ALAMSYAH bagusnya apaan yak ?

    ReplyDelete
  18. Kalo ARDHIAN ALAMSYAH bagusnya apaan yak?

    ReplyDelete

satu tambah satu, kenapa harus sama dengan dua? Maksudku apa itu arti "satu"??? Oh Well, math! The logic that never explain its logical reason! So, just leave your comment bellow, I prefer to use MODERATION comment mode. Just making sure I read the comment one by one :))

Follower